Komoditas Kopi Sumut Berpotensi Kuasai Pasar Dunia

  • Bagikan

Medan, BatakToday –

Pelaksana tugas Gubernur Sumut (Plt Gubsu) Tengku Erry Nuradi berharap semua pihak mendukung perkebunan dan industri kopi di Sumatera Utara, mengingat komoditas kopi Sumut termasuk yang terbaik di dunia.

Hal itu disampaikannya saat membuka Rapat Umum Anggota (RUA) IX Asosiasi Eksportir dan Industri Kopi Indonesia (AEKI) BPD Sumatera Utara, Kamis (28/04/2016) di Hotel Grand Serela Medan.

Erry mengungkapkan, berdasarkan data statistik, ekspor kopi melalui pelabuhan Belawan setiap tahunnya terus meningkat.

Beberapa waktu lalu, imbuh Erry, beberapa provinsi mengadakan pertemuan dengan Wakil Presiden di Provinsi Lampung dalam upaya intensifikasi maupun ekstensifikasi kopi di Indonesia, khususnya di Sumatera Utara.

Menurutnya, apabila ada dukungan dari seluruh stakeholder kopi di Sumut baik petani maupun pengusaha, maka kopi Sumatera Utara akan menjadi yang terbaik di Indonesia. Jika Sumatera Utara bisa menjadi leader di Idonesia, tentunya akan bisa menguasai pasar dunia karena kebutuhan kopi dunia sangat besar.

“Kemungkinan sangat besar sekali peluang bagi para petani kopi untuk meningkatkan kualitas ekspornya sehingga dapat menambah devisa untuk negara,” kata Erry.

Terkait Rapat Umum Anggota (RUA) Asosiasi Ekspor dan Industri Kopi Indonesia Sumatera Utara, Erry mengharapkan akan terpilih pengurus yang amanah untuk memajukan program-program perkopian di Indonesia, khususnya Sumatera Utara.

“Kita bangga karena AEKI secara nasional dipimpin orang Sumatera Utara. Mari kita dukung AEKI untuk Indonesia lebih maju di mata dunia,” katanya.

Hadir pada acara tersebut Ketua Umum Badan Pengurus Pusat (BPP) Asosiasi Eksportir dan Industri Kopi Indonesia Irfan Anwar, Wakil Ketua Bidang Dalam Negeri Badan Pengurus Daerah (BPD) AEKI Sumut TM Razali, Plt Kadis Perindag Provsu Zulkarnain, Kadis Perkebunan Provsu Herawati, Ketua Pelaksana RUA IX AEKI Sumut Sadarsah, dan para anggota AEKI Sumut.

Sementara Ketua Badan Pengurus Pusat Asosiasi Ekspor dan Industri Kopi Indonesia mengatakan, Rapat Umum Anggota (RUA) IX AEKI Sumut ini merupakan sesuatu yang strategis dan diharapkan dapat menghasilkan semangat baru bagi seluruh anggota AEKI khususnya AEKI Sumut untuk menigkatkan produktivitas, meningkatkan kesejahteraan, dan dapat mendukung kemajuan perekonomian Sumatera Utara.

“RUA IX AEKI Sumut ini diharapkan dapat memberi semangat baru bagi seluruh anggota AEKI, khususnya di Sumut untuk meningkatkan produktivitas perkopian,” sebut Irfan.

Irfan optimis, kepengurusan AEKI Sumut periode yang akan datang akan tetap mempertahankan soliditas organisasi, apalagi jumlah anggota AEKI Sumut terbesar dibanding BPD AEKI lainnya di Indonesia.

“Sumatera Utara sangat strategis karena merupakan salah satu hub ekspor kopi,” ujar Irvan yang merupakan putra asal Sumut itu. (AFR)

Foto: Plt Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nuradi memukul gong pada pembukaan Rapat Umum Anggota (RUA) IX Asosiasi Eksportir dan Industri Kopi Indonesia (AEKI) BPD Sumatera Utara, Kamis (28/04/2016) di Hotel Grand Serela Medan.  

  • Bagikan