18 Warga Terima Raskin dari Bank Sampah Karya Mandiri Tebing

  • Bagikan

Tebing Tinggi, BatakToday –

Camat Kecamatan Rambutan Kota Tebing Tinggi, Zubir Husni Harahap, serahkan beras miskin (raskin) kepada 18 warga kurang mampu Kelurahan Lalang dengan pembayaran hasil sampah melalu bank sampah Karya Mandiri, Kamis (28/4/2016), di halaman Bank Sampah Karya Mandiri.

Zubir mengatakan, pembayaran raskin dengan model tersebut merupakan salah satu manfaat dari kerajinan dan ketekunan masyarakat mengumpulkan sampah anorganik dan menyerahkan ke bank sampah.

“Tidak perlu lagi pusing-pusing memikirkan dari mana dana untuk membayar raskin, semakin banyak perolehan hasil dari mengumpulkan sampah dan disetorkan ke bank sampah, akan semakin baik, akan dapat menambah perekonomian keluarga,” katanya.

Zubir optimis, ketekunan masyarakat mengumpulkan sampah suatu saat menambah penghasilan, sehingga bukan hanya cukup untuk membayar raskin, tetapi juga mencukupi untuk membayar rekening listrik rumah tangga setiap bulannya, dan jika masih juga berlebih, dapat ditabung untuk keperluan lainnya.

“Saya berharap 18 orang ibu/bapak ini dapat menjadi pelopor di lingkungannya,  mengajak teman-teman yang lain untuk ikut menjadi nasabah bank sampah,” pintanya.

Menurut Zubir, aktivitas mengumpulkan sampah memberi manfaat ganda. Selain dapat menambah sumber perekonomian keluarga, rumah dan lingkungan juga  menjadi bersih dan lebih sehat.

“Jika pernghuninya sehat-sehat, melakukan aktivitas sehari-hari pun kian semangat,” katanya.

Salah seorang penerima, Suratman mengatakan, keberadaan Bank Sampah Karya Mandiri sangat membantu warga, dan warga saat ini tidak lagi mengutang kesana kemari jika jatah raskin datang.

“Kami sangat berterima kasih kepada Camat Rambutan dan Lurah Lalang yang secara terus menerus memberikan penyuluhan dan bimbingan kepada kami, untuk menjadikan sampah menjadi berharga, tidak jadi sampah yang menumpuk begitu saja,” katanya. (iss)

Foto: Camat Rambutan Zubir Husni Harahap saat menyerahkan raskin kepada salah satu warga, yang pembayarannya dibebankan kepada hasil penyerahan sampah ke Bank Sampah Karya Mandiri. (bataktoday/iss)

  • Bagikan