IM Sean Winshand Cuhendi Ramaikan Turnamen Catur Deman Siregar Cup II

  • Bagikan

Pematangsiantar, BatakToday

Turnamen Catur Deman Siregar Cup II yang akan dilaksanakan mulai 29 April 2016 sampai Minggu 1 Mei 2016, di Aula SMU Negeri 4 Pematangsiantar, menghadirkan juara catur nasional  Sean Winshand Cuhendi, salah satu pecatur muda terbaik dunia, yang meraih gelar International Master (IM) pada usia 18 tahun.

Ketua Koni terpilih Kota Pematang Siantar Jayadi Sagala saat temu pers di salah satu warung kopi Kok Tong, di komplek Megaland Pematangsiantar, mengatakan sengaja membawa Sean untuk memberi motivasi kepada warga, khususnya pecinta catur di Siantar, untuk pengembangan olah raga adu kecerdasan yang satu ini, Kamis (27/4).

Sean Winshand Cuhendi yang turut hadir dalam jumpa pers, menceritakan perjalanan hidupnya yang sempat divonis dokter akan meninggal dunia di usia 12 tahun, akibat penyakit hydrocephalus (penyakit menumpuknya suatu cairan di dalam otak ) yang dideritanya sejak lahir.

“Ini satu mukjizat buat saya, dari bayi saya sudah menderita penyakit hydrocephalus dan dokter sudah vonis usia saya tidak akan lewat dari 12 tahun. Usia 3 tahun ibu saya mulai perkenalkan saya dengan catur karena saya tidak bisa bermain seperti anak anak lain. Dan sekarang saya sudah lulus 6 tahun. Usia saya sudah 18 tahun sekarang, ini mukjizat,” papar Sean sambil tersenyum.

Sean Winshand Cuhendi

Sementara itu Rencana Siregar, sebagai ketua panitia Turnamen Catur Deman Siregar Cup II menjelaskan bahwa kegiatan ini dilaksanakan untuk menyambut Hari Pendidikan Nasional, sekaligus untuk menjaring bibit-bibit atlit catur di kota Siantar.

Rencana mengnformasikan penyelenggaraan turnamen ini akan dibuka pada Jumat (29/4). Pukul 9.00 WIB untuk registrasi peserta, dan akan dilanjutkan dengan pertandingan catur simultan melawan Sean.

Catur simultan tahap pertama, Sean akan melawan peserta turnamen. Setelahnya akan melawan pengunjung non peserta. Pertandingan untuk turnamen akan dilaksanakan Sabtu dan Minggu.

Usai acara Temu pers, Sean Winshand menerima tantangan dari Raya Napitulu penyandang Master Nasional (MN), untuk bertanding catur kilat.

“Bapak ini (maksudnya Raya, red.) dulu mengalahkan guru saya pada PON 2012 “ ujar Sean.

Dalam waktu kurang dari 4 menit, Raya Napitulu harus menerima ‘skak mat’ dari  Sean Winshand, yang disambut gelak tawa dan decak kagum para awak media. ( AT)

Foto :

Acara Temu Pers Turnamen Catur Deman Siregar Cup II, Megaland Pematangsiantar, Kamis 28/4/2016 (at/bataktoday)

  • Bagikan