Karya Kreatif & Inovatif Anak Medan Cukup Menjanjikan

  • Bagikan

Medan, BatakToday –

Pemerintah Kota Medan melaksanakan Pagelaran Karya-Karya Kreatif dan Inovatif di Bidang Perencanaan Kota dan IT di Merdeka Walk Medan, Kamis (28/4/2016). Event ini digelar sebagai sarana pembelajaran dan hiburan, guna mendukung pembangunan kota yang lebih maju lagi pada masa mendatang.

Pagelaran ini memamerkan hasil kreatif dan inovatif para pelajar tingkat SMA/SMK serta mahasiswa yang ada di Kota Medan, seperti  tongkat lansia multi fungsi, mesin pengupas kelapa, gerbang pintar, mesin pemipil jagung, mobil mini berbahan gas yang ramah lingkungan, generator serta sejumlah hasil kreasi lainnya yang menmgundang decak kagum.

Usai meninjai hasil kreatif  para pelajar dan mahasiswa ini, Walikota Medan Dzulmi Eldin  yakin dan percaya Kota Medan tidak boleh tertinggal dengan kota-kota metropolitan lainnya di Indonesia. Eldin optimis, Kota Medan bisa mewujudkan kemajuan-kemajuan pembangunan yang makin berarti pada masa mendatang, sehingga dapat meningkat kesejahteraan masyarakat secara berkelanjutan.

“Keyakinan dan optimisme ini tentunya tidak berlebihan, sebab Kota Medan sesungguhnya memiliki SDM yang semakin terampil, kreatif dan inovatif. Hal itu ditunjukkan oleh produk-produk perencanaan dan kreatif inovatif yang sebahagian ditampilkan dalam pagelaran ini,” kata Eldin.

Eldin mengungkapkan keyakinannya, bahwa masih banyak lagi karya-karya kreatif dan inovatif di bidang perencanaan dan IT yang dapat ditampilkan.

“Jadi saya harapkan kita bisa menggelar pameran semacam ini lebih besar lagi dan lengkap pada masa mendatang,” harapnya.

Dari pagelaran yang disajikan ini, Eldin yakin bisa memberikan tiga dampakl positif. Pertama, lebih memotivasi, membangun semangat seluruh stakeholder agar bisa menghasilkan berbagai produk kreatif inovatif yang lebih hebat lagi, guna mendukung pembangunan kota. Kedua, menjadi wadah edukasi bagi semua agar terus belajar secera kreatif dan inovatif.

Sedangkan yang ketiga, kata Eldin, semua kelompok pembangunan, baik sektor pemerintah, swasta maupun masyarakat, termasuk perguruan tinggi untuk ikut terus mendukung penelitian dan eksprimen produk-produk kreatif dan inovatif, sehingga suatu saat benar-benar dapat dimanfaatkan untuk mendukung tumbuh dan berkembangnya kegiatan sosial ekonomi masyarakat.

“Atas nama Pemko Medan, saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak, apakah bersifat individu, perguruan tinggi, sekolah, asosiasi dan lain-lain yang telah memberikan perhatian besar selama ini untuk mendukung munculnya karya-karya pembangunan yang semakin kreatif dan inovatif,” ungkapnya.

Sebagai bentuk apresiasi Pemko Medan atas karya inovatif dan kreatif, Walikota menyerahkan penghargaan secara simbolis kepada Laboratorium Beton Teknik Sipil Universitas Sumatera Utara (USU) atas hasil karya berupa inovasi produk beton yang kuat dan ramah lingkungan,  Tim Horas USU atas hasil kreasinya berupa Mobil Horas, serta  SMA Negeri 4 Medan dengan hasil pewarna alami membatik.

Kemudian  SMK Negeri 9 Medan dengan hasil simulator perakitan komputer yang berfungsi mengecek kesalahan-kesalahan perakitan, Fialdy Joshua atas keberhasilannya menemukan obat penawar luka bagi penderita kencing manis (diabetes mellitus) yang disebut chitosan defies death (penangkal kematian), serta SMK Negeri 38 Medan dengan hasil kreasi tanaman hydoponik dan lele.

Eldin berharap pemberian penghargaan ini semakin memotivasi para ilmuwan muda ini untuk kembali menghasilkan produk-produk kreatif dan inovatif lainnya. Disamping itu untuk menggugah semangat  generasi muda lainnya untuk tertantang berkreasi sehingga lebih banyak lagi produk kreatif dan inovatif yang dihasilkan.

Pembukaan pagelaran yang diselenggarakan Bappeda Kota Medan ini turut dihadiri Wakil Walikota Medan Akhyar Nasution MSi, Sekda Kota Medan Syaiful Bahri Lubis, Vice Presiden Bank Mandiri Tito Irianto, Kapala Bappeda Kota Medan Zulkarnain, kalangan dunia usaha, profesi, praktisi, serta akademisi. (AFR)

Foto: Walikota Dzulmi Eldin saat mengamati mobil mini berbahan gas yang ramah lingkungan karya kreatif dan inovatif anak Medan pada Pagelaran Karya-Karya Kreatif dan Inovatif di Bidang Perencanaan Kota dan IT di Merdeka Walk Medan, Kamis (28/4/2016). (bataktoday/afr)

  • Bagikan