Telkom Luncurkan Program Kampung UKM Digital di Kota Siantar

  • Bagikan

Pematangsiantar, BatakToday –

PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) melalui Bina Aspirasi Gerakan Sejuta UKM Seluruh Indonesia (BAGUS Indonesia) luncurkan program Kampung UKM Digital di Kota Pematangsiantar. Dengan pemanfaatan jaringan infrastruktur telekomunikasi yang menjangkau seluruh wilayah Kampung UKM, para pelaku UMK diharapkan mampu meningkatkan daya saing di pasar lokal, nasional maupun global.

“Telkom Indonesia sangat peduli kepada UKM karena dapat menyerap tenaga kerja sebesar 97 persen. Karena itu, PT Telkom mengadakan program Kampung UKM Digital untuk memajukan usaha para pelaku UKM dengan mempromosikan produk mereka melalui media sosial dan internet,” ujar General Manager Telkom Sumut, Binsar Silalahi, pada acara peluncuran di Gedung Dharma Wanita Jalan Porsea, Jumat (29/4/2016) pagi.

Sebelumnya, Asisten II Sekda Kota Pematangsiantar, M Akhir Harahap mewakili walikota menyampaikan apresiasi kepada PT Telkom Indonesia yang telah berkomitmen untuk mendukung peningkatan daya saing UKM melalui program Kampung UKM Digital. Untuk itu, ia meminta para pelaku UKM agar benar-benar memanfaatkan program tersebut sebaik-baiknya.

“Kepada para volunteer diharapkan untuk dapat memanfaatkan semaksimal mungkin bantuan computer dan internet yang diberikan,” pintanya.

Acara peluncuran ditandai dengan penyerahan bantuan PT Telkom Indonesia kepada pelaku UKM Ulos dan Roti Tawar.

Sebagaimana dilansir dari kampungukmdigital.com, Kampung UKM Digital adalah pemanfaatan teknologi informasi secara komprehensif dan integratif untuk mendukung proses bisnis yang berjalan di sentra UKM atau UKM yang terpusat di suatu lokasi tertentu dalam rangka mewujudkan jutaan UKM yang maju, mandiri, dan modern.

Inisiasi Kampung UKM Digital ini merupakan bagian dari program Bina Aspirasi Gerakan Sejuta UKM Seluruh Indonesia (BAGUS Indonesia) dan merupakan wujud komitmen PT Telekomunikasi Indonesia untuk membantu UKM Indonesia dalam rangka modernisasi dan peningkatan kompetensi UKM melalui teknologi informasi dan komunikasi (ICT). Melalui ICT diharapkan UKM mampu meningkatkan daya saing di pasar global.

Implementasi dari Kampung UKM Digital ini ditandai dengan tersedianya jaringan infrastruktur telekomunikasi yang menjangkau seluruh wilayah Kampung UKM, adanya wadah komunitas/volunteer UKM, dan pemanfaatan solusi dan layanan teknologi infomasi di dalam lingkungan Kampung UKM.

Selain Kota Pematangsiantar, program Kampung UKM Digital sebelumnya telah diluncurkan di berbagai daerah, diantaranya Pekanbaru, Belitung, Kebumen, dan kampong UKM Digital Mandiri Borobudur Mandala Wisata. (rel/ajvg)

Foto: Asisten II Sekda Kota Pematangsiantar M Akhir Harahap saat menyerahkan bantuan PT Telkom Indonesia kepada pengusaha Ulos dan Roti Tawar pada acara peluncuran Kampung UKM Digital di Gedung Dharma Wanita Jalan Porsea, Jumat (29/4/2016) pagi. (ist)

  • Bagikan