Beli 2 Alat Berat Baru, BPBD Humbahas Lebih Siap Tangani Bencana

  • Bagikan

Doloksanggul, BatakToday –

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) terus berbenah menjadi satuan kerja yang lebih sigap menangani bencana. Saat ini BPBD Humbahas memiliki alat berat baru, yakni 1 unit Excavator CAT 320D2 dan 1 unit Backhoe Loader CAT 428F2. Kini alat berat tersebut sudah stand by di kompleks Kantor BPBD Humbahas dan siap dioperasikan dalam penanggulanan bencana di daerah itu.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) pengadaan alat berat, Faisal Damanik kepada wartawan di Doloksanggul, Sabtu (30/4/2016) mengatakan, pengadaan alat berat tersebut didanai dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Humbahas TA 2016.

Dijelaskan, pengadaan kedua alat berat dilakukan melalui e-katalog. Harga pengadaan Excavator CAT 320D2 Rp 1.735.748.949 dan Backhoe Loader CAT 428F2 Rp 1.533.647.797.

“Harga kedua alat berat itu sudah termasuk ongkos kirim. Penyedia alat berat itu PT. Trakindo Utama-Medan,” jelasnya.

Katanya lagi, selain alat berat, tahun ini pihaknya akan memiliki Mitsubishi Fuso 220 PS.

“Pengadaan  Mitsubishi Fuso sudah kita usulkan di APBD tahun ini senilai Rp 700 juta. Sekarang pengadaannya dalam proses dengan penyedia jasa,” tukas Faisal.

Melalui pengadaan alat berat itu, Faisal berharap pihaknya dapat bekerja maksimal dalam menanggulangi bencana di Humbahas.

“Menanggulani bencana, selama ini kita hanya mengandalkan alat berat Dinas Praswil. Sementara, suatu waktu alat berat itu tidak selalu stand by sehingga kita kerap kewalahan,” terangnya.

Ditambahkan, sesuai dengan kondisi topografi yang terdiri dari perbukitan dan lembah, Kabupaten Humbahas merupakan kawasan rawan longsor, terutama di Kecamatan Baktiraja, Pakkat, Onanganjang, Parlilitan dan Sijamapolang.

Lebih lanjut dijelaskannya, untuk mobilisasi excavator, pihaknya akan mengusulkan pengadaan trado pada APBD TA 2017 mendatang. (FT)

Foto: Penyerahan Kedua Alat Berat dari penyedia barang PT Trakindo Utama kepada Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tumbur Hutagaol. (bataktoday/ft)

  • Bagikan