Dirjen Pajak Serahkan Tanda Tali Kasih kepada Keluarga Parada dan Soza

  • Bagikan

Medan, BatakToday

Ditjen Pajak menyerahkan bantuan sebagai tanda tali kasih kepada keluarga Parada Toga Fransriano Siahaan dan Soza Nolo Lase. Tali kasih ini diberikan langsung kepada istri dan ibunda Parada TF Siahaan dan ibunda Soza Nolo Lase oleh Direktur Jenderal Pajak Ken Dwijugiastiadi, di lantai VII Kantor Wilayah DJP Sumut 1 Medan, Selasa (3/5).

Tanda tali kasih yang diberikan kepada keluarga almarhum dalam bentuk rumah dan polis asuransi. Dan sekitar Rp 37.900.000 sumbangan yang  berasal dari pegawai di Direktorat Jenderal Pajak (DJP) sebagai wujud empati, simpati dan rasa ikut berbelasungkawa atas gugurnya rekan DJP saat menyampaikan surat paksa kepada wajip pajak di Gunung Sitoli.

Dikatakan Ken, acara tersebut merupakan wujud nyata kepedulian pimpinan kepada seluruh pegawai DJP. Pimpinan DJP merupakan bagian dari para pegawai dan pegawai merupakan bagian dari pimpinan DJP. Ken berpesan, agar dalam bekerja senantiasa berpedoman pada ketiga semboyan yaitu, ikhlas dalam bekerja, tegas sesuai dengan aturan dan pantang menyerah demi mengemban tugas negara.

Ketika ditanyakan kepada Ken, apakah selama ini petugas pajak tidak didampingi petugas keamanan dari kepolisian, ia menegaskan bahwa prosedurnya adalah petugas pajak dikawal oleh aparat kepolisian.

“Pasti, dari dulu sudah didampingi. Kebetulan, karena belum sempat lapor ke polisi. Waktu saya di kanwil pernah melakukan seperti itu didampingi brimob. Karena pekerjaan kita kritis-kritis juga,” paparnya.

Jika dikatakan kesalahan posedur, Ken mambantahnya. Prosedur perjalanan tugas kedua petugas pajak ke Gunung Sitoli saat itu sudah sesuai prosedur.

“Prosedurnya sudah betul. Dikawal juga, tapi terlambat. Tidak dikawal karena buru-buru,” katanya sembari ia menegaskan akan dilakukan intensifikasi dalam pelaksanaan pekerjaan.

Ibunda Soza Nolo Lase (duduk) saat penyerahan tanda tali kasih oleh Direktur Jenderal Pajak Ken Dwijugiastiadi, di lantai VII Kantor Wilayah DJP Sumut 1 Medan, Selasa 3/5/2016 (afr/bataktoday)
Ibunda Soza Nolo Lase (duduk) saat penyerahan tanda tali kasih oleh Direktur Jenderal Pajak Ken Dwijugiastiadi, di lantai VII Kantor Wilayah DJP Sumut 1 Medan, Selasa 3/5/2016 (afr/bataktoday)

Sementara itu, anggota DPR RI Dapil Sumut 2, Rooslynda Marpaung mengapresiasi respon yang diberikan oleh pihak Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak RI pascaperistiwa yang dialami almarhum Parada Toga Fransriano Siahaan dan Soza Nolo Lase, kedua pegawai pajak KPP Pratama Sibolga ini gugur saat menjalankan tugas di wilayah Gunung Sitoli Nias.

“Ini sesuatu yang tidak kita harapkan. Ke depan, semoga ada perbaikan dan evaluasi dalam menjalankan tugas-tugas dilapangan,” kata politikus Partai Demokrat ini saat penyerahan santunan kepada keluarga kedua petugas pajak tersebut.

Lebih lanjut disampaikan Rooslynda, gerak cepat dan tanggap yang dilakukan pihak Dirjen Pajak cukup memberi kesan kepedulian terhadap anggota keluarga yang berduka. Rooslynda juga turut memberikan santunan kepada keluarga kedua petugas pajak ini.

Turut hadir dalam penyerahan tali kasih ini, Direktur P2 Humas Dirjen Pajak Mekar Satria Utama, dan Kakanwil DJP Sumut 2 Yunirwansyah.

Kakanwil DJP Sumut II Yunirwansyah menjelaskan tagihan tunggakan pajak yang disampaikan kepada wajib pajak yang kemudian menjadi pelaku pembunuhan sebesar Rp 14,7 miliar. Terdiri dari tagihan pokok pajak sekitar Rp9 miliar dan sanksi tunggakan pajak Rp5 miliar.

Tagihan yang disampaikan merupakan tagihan pajak untuk tahun 2010-2011.

“Sejak tahun 2013 sudah ditagih, dan sudah kita berikan waktu sejak 2013 namun tidak ada kemauan wajib pajak menyelesaikannya,” katanya.

Bahkan, ketika diminta keterangan, wajib pajak pun tidak menyampaikan data yang diharapkan. Sehingga dilakukan audit dan yang ditemukan sebesar yang tertuang di dalam surat tagihan pajak. Yunirwansyah pun mengatakan bahwa nilai aset wajib pajak tidak ada kaitannya dengan besaran pajak, namun berkaitan dengan penghasilan. (AFR)

Foto:

Direktur Jenderal Pajak Ken Dwijugiastiadi saat penyerahan tanda tali kasih kepada keluarga Parada Toga Fransriano Siahaan, diberikan langsung kepada istri dan ibunda Parada TF Siahaan, di lantai VII Kantor Wilayah DJP Sumut 1 Medan, Selasa 3/5/2016 (afr/bataktoday)

  • Bagikan