Libur Panjang, Pemandian Alam Karang Anyer Ramai Pengunjung

  • Bagikan

Simalungun, BatakToday

Pesona pemandian alam Karang Anyer yang terletak di Nagori Karang Anyer, Kecamatan Gunung Maligas, Kabupaten Simalungun masih menjadi pilihan bagi wisatawan lokal dari Siantar sekitarnya dan daerah Simalungun yang berdekatan dengan lokasi pemandian ini untuk melewatkan hari libur.

Ketika BatakToday mengunjungi tempat pemandian alam ini pada Jumat (6/5), hari kedua libur panjang kali ini, terlihat banyak pengunjung sedang menikmati kesejukan dan kesegaran tempat ini.  Yang menjadi pilihan utama saat mendatangi tempat ini, seperti biasanya adalah berendam, bermain dan berenang menikmati kesejukan dan kesegaran air mengalir yang berasal dari umbul di bagian hulu sungai yang melintasi tempat ini.

Pada hari libur umumnya pengunjung didominasi rombongan remaja dan muda-mudi, serta anak-anak yang kelihatan didampingi orangtuanya.

Fredo (16) salah seorang pengunjung yang merupakan warga Siantar, saat ditemui BatakToday mengatakan memilih permandian Karang Anyer untuk berlibur karena jaraknya dari kota Siantar tidak begitu jauh.

“Kami sering bang, sama teman-teman kalau liburan rame-rame ke permandian Karang Anyer ini. Di sini biasanya mandi-mandi, berenang. Lokasinya dekat dari Siantar, biaya juga sesuai untuk kami yang masih berstatus pelajar,” ucap Fredo.

Pondok-pondok yang kurang tertata rapi, di sepanjang pemandian alam Karang Anyer, Kecamatan Gunung Maligas, Kabupaten Simalungun, Jumat 6/5/2016 (em/bataktoday)
Pondok-pondok yang kurang tertata rapi, di sepanjang pemandian alam Karang Anyer, Kecamatan Gunung Maligas, Kabupaten Simalungun, Jumat 6/5/2016 (em/bataktoday)

Hal senada dikatakan Ando (22), yang datang ke tempat tersebut dengan alasan jarak yang dekat dan sesuai untuk berenang santai.

“Jaraknya dekat, murah, lengkap tersedia makanan ringan yang sesuai isi kantong lah bang, kalau kita lapar habis berenang, tidak perlu ke luar untuk beli makanan,” ungkap Ando.

Di sisi lain, ramainya pengunjung pada hari libur panjang seperti beberapa hari ini, sebagaimana lazimnya meningkatkan pendapatan masyarakat setempat.

Seorang penjaga parkir, Putra (19), menyebut adanya peningkatan pendapatan pada hari libur panjang dibanding hari biasa.

“Lumayan lah, selama hari libur ramai pengunjung, pendapatan dari menjaga kendaraan parkir bertambah. Mudah-mudahan meningkat lagi sampai hari Minggu (8/5) nanti,” ujarnya.

Namun perlu dicatat, berdirinya pondok-pondok di tepi pemandian terlihat kurang beraturan. Tentunya sentuhan dari pihak terkait, baik pemerintah setempat maupun masyarakat, diperlukan untuk dapat meningkatkan daya tarik tempat ini. Di samping itu, perlu dijaga kebersihan, dan kealamian dan kesegaran air yang yang mengalir dari umbul di bagian hulu, untuk tidak tercemar. (EM)

Foto:

Suasana pemandian alam Karang Anyer, ramai dikunjungi pada hari libur panjang oleh warga Siantar dan Simalungun, Nagori Karang Anyer, Kecamatan Gunung Maligas, Kabupaten Simalungun, Jumat 6/5/2016 (em/bataktoday)

  • Bagikan