Libur Panjang, Penumpang Garuda ke Bandara Silangit Naik 90 Persen

  • Bagikan

Tapanuli Utara, BatakToday

Libur panjang, penumpang pesawat Garuda ke Bandara Silangit naik 90 persen dibanding hari normal. Penumpang Garuda yang menggunakan rute Bandara Silangit sengaja berlibur dan berwisata di Tapanuli. Demikian disampaikan Sales and Representative Garuda Indonesia, Ellen Gultom, ketika dikonfirmasi BatakToday, Jumat (6/5) di Bandara Silangit.

Ellen mengatakan, lonjakan penumpang pesawat Garuda rute Jakarta–Silangit mereka ketahui hari Jumat (6/5), mengingat jadwal penerbangan Garuda yang memakai rute ini diplot setiap Selasa, Jumat dan Minggu (3 x seminggu).

“Peningkatannya hingga 90 persen dibanding hari biasa, bahkan arus balik menuju Jakarta pada tanggal 8 Mei sudah terisi penuh,” ujar wanita berparas ayu yang baru dua bulan bertugas di Bandara Silangit ini.

Para penjemput menyambut penumpang sesaat keluar dari terminal Bandara Silangit, Tapanuli Utara, Jumat 6/5/2016 (ap/bataktoday)
Para penjemput menyambut penumpang sesaat keluar dari terminal Bandara Silangit, Tapanuli Utara, Jumat 6/5/2016 (ap/bataktoday)

Menurut Ellen lagi, lonjakan penumpang ke Bandara Silangit ini karena libur panjang sengaja dimanfaatkan oleh para penumpang untuk berlibur ke kampung halamannya dan bersilaturahmi dengan keluarga maupun sanak saudaranya yang tinggal di Bona Pasogit.

Sama halnya dengan pesawat Sriwijaya yang dua minggu lalu telah resmi membuka penerbangan rute Jakarta Silangit juga mengalami peningkatan penumpang.

Menurut Bagian Informasi PT Angkasa Pura II Bandara Silangit, Sardi Hutahaean, peningkatan penumpang pesawat Sriwijaya dan Susi Air pada momen libur panjang Hari Raya Kenaikan Isa Almasih tepatnya tanggal 5 Mei 2016 dan yang berbarengan dengan libur Hari Raya Israj Mi’raj 6 Mei 2016 ini, meningkat 100 persen.

Pesawat Wings Air meramaikan penerbangan ke Bandara Silangit, Tapanuli Utara, Jumat 6/5/2016 (ap/bataktoday)
Pesawat Wings Air, sebelumnya telah lebih dahulu membuka rute penerbangan ke Bandara Silangit, Tapanuli Utara, Jumat 6/5/2016 (ap/bataktoday)

Sardi Hutahaean mengatakan, Kamis (5/5) penumpang pesawat Sriwijaya yang datang ke Silangit berjumlah 112 orang, sedangkan penumpang dari Silangit menuju Jakarta sebanyak 112 orang.

“Hanya penumpang Susi Air rute Medan–Silangit lah yang kurang peningkatan, tapi rute Silangit–Gunung Sitoli tetap meningkat,” sebut Sardi Hutahaean.

Nainggolan, penumpang Garuda yang baru tiba, ketika “disambut” BatakToday di depan bandara mengatakan dia dan keluarganya datang ke Toba (Samosir) untuk mengisi liburan panjang.

“Kami sekeluarga sengaja berlibur ke sini sekalian bertemu sama keluarga di Samosir, dan balik lagi hari Minggu ke Jakarta,” ujar Nainggolan yang beriringan dengan 3 orang keluarganya.

Dikatakannya, mereka sengaja memilih rute Jakarta–Silangit karena jarak tempuh ke Samosir tidak memakan waktu lama dibanding dengan menggunakan rute Jakarta–Kualanamu.

“Ngapain lagi kita dari Bandara Kualanamu, sudah ada Silangit, belum lagi macetnya,” kata Nainggolan. (AP)

Foto :

Aktivitas penumpang maupun keluarga penumpang sedang menunggu dan menyambut kedatangan keluarganya di Bandara Silangit, Jumat (6/5/2016)

  • Bagikan