Marusaha Nababan: “Integritas, Keutamaan dalam Ujian Nasional”

  • Bagikan

Humbahas, Bataktoday

Sebanyak 4.624 siswa/i SMP/MTs se-Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) akan mengikuti ujian nasional (UN) yang dilaksanakan secara serentak, Senin-Kamis, 09-12 Mei.

Ketua panitia pelaksanaan UN, Marusaha Nababan di sela-sela pendistribusian naskah UN di kantor Dinas Pendidikan Humbahas, Sabtu (7/5), kepada Bataktoday mengatakan bahwa untuk pelaksanaan UN pihaknya telah menerima 180 dus naskah UN dari PT Pos. Naskah UN terdiri dari 44 dus, dari masing-masing mata pelajaran..

Marusaha menjelaskan, titik akhir pendistribusian naskah UN itu di kantor Pos kecamatan terdekat.  Sementara teknis pengawasan dalam pelaksanaan UN sepenuhnya tugas kepala sekolah.

UN untuk SMP/MTs dilaksanakan dengan sistem Paper Basic Test (PBT). Dalam pelaksanaan UN, peserta dan pengawas diminta untuk mengutamakan integritas.

“Jangan takut, sebab kelulusan tidak mutlak hasil UN, melainkan oleh satuan pendidikan yang ditetapkan melalui rapat dewan guru. Motto pelaksanaan UN tahun ini, ‘Prestasi Yes, Jujur Harus’,” tukasnya.

Menurutnya lagi, UN hanya sebagai alat pemetaan dalam memperbaiki kelemahan-kelemahan di segala lini untuk penguatan mutu pendidikan.

“Jika siswa memperoleh nilai kategori kurang, maka akan diberi kesempatan untuk mengikuti UN perbaikan,” terangnya.

Hasil evaluasi Kementerian Pendidikan Nasional Republik Indonesia (Kemendiknas RI), Indeks Integritas Ujian Nasional (IIUN) Sumatera Utara untuk tahun pelajaran 2014/2015, hasil UN tingkat SMP di Humbahas 100% lolos dari indikasi kecurangan atau IIUN lebih besar 70.

Sebelumnya Kabupaten Humbahas menyabet tiga piagam penghargaan dari Kemendikbud, yakni SMPN 3 Pakkat, SMPN 8 Pakkat dan SMPN 1 Tarabintang. IIUN ketiga sekolah tersebut 80-90.

Terpisah Kepala SMPN 2 Dolok Sanggul Pantun Purba kepada wartawan mengatakan bahwa siswanya siap melaksanakan UN yang diselenggarakan secara serentak.

Pantun mengaku, jauh sebelum pelaksanaan UN pihaknya telah mendorong para siswa-siswi mempersiapkan diri sedini mungkin melalui tambahan les sore, try out dan pembelajaran lainnya.

“Secara umum, dari 319 siswa-siswi kita dari kelas IX sudah siap menghadapi UN. Mudah-mudahan hasil UN nanti lulus seratus persen dengan hasil yang memuaskan,” pungkasnya. (FT)

Foto :

Ketua panitia pelaksanaan Ujian Nasional Marusaha Nababan, saat menerima naskah UN secara simbolis, Humbahas, 7/5/2016 (bataktoday / ft)

  • Bagikan