Walikota Medan Diminta Lakukan Penyegaran Pimpinan SKPD

  • Bagikan

Medan, BatakToday –

Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DPRD Kota Medan, Salman Alfarisi  meminta Walikota Medan menjadikan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Tahun Anggaran 2015 sebagai momentum untuk melakukan penyegaran di jajaran pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

Salman menilai, banyak persoalan yang ditemukan dalam LKPJ TA 2015,  diantaranya soal minimnya realisasi program yang sudah dicanangkan dan disepakati pada tahun 2015.

“Kita mengharapkan ini menjadi momen dan waktu yang tepat Bagi Walikota dan Wakil Walikota untuk mengkoreksi dan mengevaluasi kinerja bawahannya agar bisa bekerja lebih baik lagi ke depan,” ungkap Salman kepada wartawan di Medan, Rabu (11/05/2016).

Menurut Salman, evaluasi dan penyegaran di jajaran SKPD sekarang ini sangat tepat dilakukan, mengingat sudah lebih empat tahun tidak terjadi pergantian pimpinan SKPD di Pemko Medan.

“Saya kira ini waktu yang sangat tepat, mengingat sudah lebih dari empat tahun SKPD di Pemko Medan belum dilakukan bongkar pasang di jajaran SKPD,” jelasnya.

Dijelaskannya, sampai saat ini masih banyak jabatan di beberapa SKPD yang belum definitif sehingga sedikit banyak menghambat capaian kinerja yang ditargetkan.

“Masalah banyaknya SKPD yang belum didefinitifkan juga harus menjadi pertimbangan Walikota dalam melakukan evaluasi SKPD, sehingga kedepan Pemko Medan benar-benar bisa menjalankan program lebih leluasa,” katanya.

Kepada wartawan, Salman juga mengatakan, jika evaluasi dan penyegaran dilakukan Walikota dan Wakil Walikota terhadap jajarannya, pihaknya yakin Walikota akan memiliki energi baru dalam menjalankan visi dan misi pada  kampanye lalu.

“Jika ini dilakukan, saya yakin Walikota dan Wakil Walikota akan memiliki energi baru dalam menunaikan janji kampanye mereka kepada masyarakat,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Pansus LKPJ TA 2015, Mulia Asri Rambe mengakui,  banyak catatan penting yang dihasikan dalam pembahasan LKPJ kemarin dan semuanya sudah menjadi rekomendasi dan selanjutnya diserahkan kepada Walikota Medan.

“Banyak catatan yang diberikan kawan-kawan terutama soal program program SKPD yang tidak terealisasi,” jelasnya.

Saat ditanya SKPD mana saja yang paling banyak mendapat sorotan, Bayek menyebutkan Dinas Pertamanan dan Perhubungan paling banyak mendapat catatan.

“Ada beberapa SKPD, diantaranya Pertamanan dan Perhubungan dan yang lainnya,” jelasnya.

Sementara itu, Walikota Medan Dzulmi Eldin saat dikonfirmasi terkait hasil LKPJ TA 2015, mengaku akan menjadikan rekomendasi DPRD sebagai bahan evaluasi terhadap SKPD-SKPD di jajarannya.

“Kita akan lihat, hasil LKPJ ini juga tentunya akan menjadi bahan kita untuk melakukan evaluasi,” katanya. (AFR)

Foto: Anggota DPRD Kota Medan, Salman Alfarisi. (sumut.pks.id)

  • Bagikan