Berdiri di Jalur Hijau, 2 Rumah dan 5 Kios Dibongkar

  • Bagikan

Pematangsiantar, BatakToday

Tim Penegakan Peraturan Daerah Kota Pematangsiantar kembali melakukan pembongkaran terhadap bangunan yang menyalahi dan melanggar peraturan daerah. Bangunan yang kali ini dibongkar, terletak di jalan Ahmad Yani, Kelurahan Pahlawan, Kecamatan Siantar Timur, Rabu (18/5).

Bangunan yang dibongkar terdiri dari 2 unit rumah dan 5 kios yang berdiri di atas jalur hijau yang merupakan aset negara.

Tiba di lokasi, pagi sekitar pukul 09.00 WIB, Kakan Satpol PP Pematangsiantar, Julham Situmorang terlebih dahulu memberi penjelasan kepada pemilik bangunan, bahwa mereka akan membongkar karena bangunan tersebut berdiri di lahan negara.

Setelah memberitahukan, walau sempat dihadang pemilik bangunan, tim penegak perda langsung melakukan pembongkaran, dipimpin langsung oleh Julham Situmorang. Para pemilik akhirnya harus pasrah melihat bangunan yang mereka dirikan dibongkar.

Usai melakukan pembongkaran, Kakan Satpol PP Julham Situmorang memberikan keterangan kepada para wartawan, bahwa tujuan pembongkaran bangunan yang melanggar peraturan ini untuk penataan kota Siantar yang lebih baik.

Julham menyebutkan bahwa bangunan di lokasi yang sama telah pernah dibongkar sebelumnya.

“Sebelumnya bangunan di jalan Ahmad Yani ini sudah pernah kita bongkar, tapi mereka membangun kembali. Sehingga kita dari tim penegak perda mengambil tindakan untuk melakukan pembongkaran kembali,” sebut Julham.

Dilanjutkannya, pembongkaran bangunan yang melanggar peraturan akan terus dilakukan tim penegak perda sesuai dengan arahan Penjabat Walikota Pematangsiantar.

“Kita sudah melakukan pembongkaran di tahap kedua, artinya pembongkaran bangunan yang melanggar peraturan masih terus berlanjut. Jika ada bangunan yang melanggar peraturan sesuai dengan temuan kita di lapangan pasti kita bongkar,” ujarnya.

Sementara Lamsaria Pasaribu salah seorang pemilik kios saat diminta tanggapannya mengenai kiosnya yang dibongkar, mengatakan sangat kecewa jika tim penegak perda hanya membongkar bagunannya saja.

“Saya berharap tim penegak perda bersikap adil dalam melakukan pembongkaran,” ungkapnya dengan kesal. (EM)

Foto:

Tim Penegakan Peraturan Daerah Kota Pematangsiantar melakukan pembongkaran terhadap bangunan yang berdiri di jalur hijau, Jalan Ahmad Yani, Pematangsiantar, Rabu 18/5/2016 (em/bataktoday)

  • Bagikan