Banjir Bandang, Hampir Setiap Tahun Melanda Luat Pahae

  • Bagikan

Luat Pahae, BatakToday

Bupati Tapanuli Utara Drs Nikson Nababan beserta rombongan mengunjungi Desa Sibulan Bulan, Kecamatan Purbatua, untuk bertemu dengan para korban banjir bandang dari tiga kecamatan, yaitu Kecamatan Pahae Jae, Kecamatan Purbatua dan Kecamatan Simangumban. Pertemuan ini mengambil tempat di halaman sekolah SD Negeri Sibulan Bulan, pada Rabu (18/5) sore hari sekitar pukul 15.00 WIB.

Ditempat ini Nikson menyampaikan harapannya agar para korban tabah dan tidak menyerah.

“Semua kita tidak menginginkan bencana, tetapi semua ini telah terjadi. Saya berharap Amang dan Inang tetap tabah, sabar dan tidak putus asa. Jangan menyerah karena banjir bandang hampir setiap tahun terjadi di Luat Pahae ini. Kita akan berusaha mengatasi. Instansi terkait akan bersinergi dan bahu-membahu dalam mengatasi banjir bandang yang selalu terjadi di Luat Pahae ini,” ujarnya.

Nikson juga minta agar tidak menyalahkan alam, dan agar masyarakat peduli lingkungan dan memeliharanya.

“Kita pelihara alam yang kaya dan subur ini. Jangan sekali-kali menyalahkan alam, tetapi kita harus tetap berupaya mengatasinya, harus kita jaga dan pelihara. Semua instansi terkait Pemkab Taput akan berusaha mencari solusi mengatasi banjir bandang ini, dan masyarakat juga harus mau menjalin kerjasama dengan baik. Bersama-sama kita bergandengan tangan, membangun dan menjaga lingkungan,” ujar Nikson.

Bupati Tapanuli Utara nikson Nababan , beserta rombongan, meninjau lokasi banjir bandang di daerah tangkapan Sungai Batang Toru, Luat Pahae, Rabu 18/5/2016 (dok.humas pemkab taput)
Bupati Tapanuli Utara nikson Nababan , beserta rombongan, meninjau lokasi banjir bandang di daerah tangkapan Sungai Batang Toru, Luat Pahae, Rabu 18/5/2016 (dok.humas pemkab taput)

Usai acara penghiburan, Bupati Taput menyerahkan bantuan tali asih dan bibit padi secara simbolis kepada warga yang tertimpa musibah banjir bandang. Korban bencana di Kecamatan Purbatua sebanyak 418 kk, untuk Kecamatan Simangumban dan Pahae Jae belum terdata.

Dalam kesempatan itu Bupati menyampaikan agar Dinas Pertanian juga mendata semua sawah dan ladang yang tergenang banjir sehingga terancam gagal panen.

Rombongan menggelar diskusi dengan semua Kepala Desa dari ketiga kecamatan, tentang kondisi Luat Pahae, serta tentang banjir yang selama ini menjadi langganan, dan kemungkinan cara mengatasi.

Dalam diskusi ini Nikson Nababan menegaskan agar masalah-masalah yang menyebabkan terjadinya banjir bandang di Luat Pahae harus segera diatasi.

Rombongan yang di dalamnya turut serta Kadis Cipta Karya, Kepala BPBD, Kadis Sosial, Kadispenloka, Kadis Kehutanan, Kakan Satpol, Kabag Tapem dan Kabag Humas & Keprotokolan, melanjutkan perjalanan meninjau lahan-lahan yang terkena banjir, meninjau Sungai Batang Toru, serta daerah sumber banjir bandang yang hampir setiap tahunnya menimpa Luat Pahae. (rel/ajvg)

Foto:

Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan, saat menyampaikan penghiburan dan harapan kepada korban banjir bandang Luat Pahae, di halaman SD Negeri Sibulan Bulan, Kecamatan Purbatua, Tapanuli Utara, Rabu 18/5/2016 (dok.humas pemkab taput)

  • Bagikan