Nikson Nababan Masuk Kampung Lagi!

  • Bagikan

Tapanuli Utara, BatakToday

Sebelum menindaklanjuti usulan pembangunan dari masyarakat desa terpencil di Tapanuli Utara (Taput), serta memastikan kesesuaian laporan dari perangkatnya dengan kondisi teraktual di daerah yang dipimpinnya, Bupati Taput Nikson Nababan kembali memimpin rombongannya turun langsung dengan menaiki sepeda motor ke Dusun Purba Sinomba dan Dusun Siturituri, Desa Pohan Jae, Kecamatan Siborongborong, Jumat (20/5).

Bersama Asisten II Parsaoran Hutagalung, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Anggiat Rajagukguk, pimpinan instansi terkait lainnya, dan didampingi Kabag Sumber Daya Polres Tapanuli Utara T. Pasaribu, Nikson dalam perjalanan ke Desa Pohan Jae merasakan dan melihat secara langsung kondisi jalanan yang sudah hancur, serta pada beberapa bagian terjadi longsor.

Melalui jalan rusak dengan kondisi kanan kiri sebagian ruas jalan yang dilalui adalah jurang dalam, Nikson dan rombongan berhenti beberapa kali melihat kondisi jalan yang sangat membahayakan sekaligus berbincang dengan Kepala Desa setempat, serta Kadis PU untuk diskusi singkat mencari gambaran solusi penanganan pembangunan jalan tersebut tersebut pada kesempatan yang akan datang.

Kondisi fisik dan medan jalan yang menghubungkan Kota Siborongorong dengan Dengan Desa Pohan Jae, Kabupaten Tapanuli Utara, Jumat 29/5/2016 (dok.humas pemkab taput)
Kondisi fisik dan medan jalan yang menghubungkan Kota Siborongorong dengan Dengan Desa Pohan Jae, Kabupaten Tapanuli Utara, Jumat 29/5/2016 (dok.humas pemkab taput)

“Dengan kondisi jurang yang dalam di kanan kiri jalan, pembangunan jalan ini akan menelan biaya yang sangat besar, dan butuh waktu yang relatif lama. Kita akan cari solusi terbaik untuk mengatasi ini, apakah akan dibuat jembatan untuk ini atau jalan ini kita perbaiki bertahap,” ujar Nikson saat berbincang dengan masyarakat di tempat rombongan berhenti untuk meninjau kondisi lokasi jalan.

Setibanya di halaman sekolah SD 177928 Purba Sinomba Desa Pohan Jae, sebagai tempat pertemuan dengan masyarakat, rombongan disambut dengan lagu dan tortor Batak secara massal yang dibawakan anak-anak PAUD, serta siswa-siswi SD dan SMP.

“Saya bangga hadir di tengah-tengah masyarakat Dusun Purba Sinomba yang antusias melakukan gotong-royong beberapa hari ini. Saya berharap beberapa hari ke depan juga akan dilanjutkan dengan membersihkan sisi-sisi jalan, dan nantinya diharapkan juga untuk bersama-sama membantu pembangunan jalan ke tempat ini. Bangga melihat semangat masyarakat Purba Sinomba, baik orang-orang tua maupun masyarakat semuanya,” ujar Nikson menyampaikan apresiasinya.

Kemudian tokoh-tokoh masyarakat menyampaikan beberapa masukan dan usulan untuk pembangunan jalan, penyediaan kamar mandi sekolah, dan pembangunan gedung untuk PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini).

Nikson menyambut baik semua usulan, dan berjanji untuk segera merealisasikan permintaan masyarakat.

“Sekolah-sekolah akan kita benahi bertahap, di tahun 2017 pembangunan sektor pendidikan menjadi prioritas kita,” sambut Nikson.

Tortor Batak oleh anak-anak PAUD, siswa-siswi SD dan SMP, menyambut rombongan Bupati Tapanuli Utara, di halaman SD N 177928 Purba Sinomba Desa Pohan Jae, Kecamatan Siborongborong, Jumat 20/5/2016 (dok.humas pemkab taput)
Tortor Batak oleh anak-anak PAUD, siswa-siswi SD dan SMP, menyambut rombongan Bupati Tapanuli Utara, di halaman SD N 177928 Purba Sinomba Desa Pohan Jae, Kecamatan Siborongborong, Jumat 20/5/2016 (dok.humas pemkab taput)

Dalam pertemuan ini Nikson menyerahkan dana bantuan sebesar Rp.10 juta untuk penggantian atap tempat PAUD yang sebelumnya masih sejenis tenda tenda plastik, untuk diganti dengan atap seng.

Dalam kunjungan ini, instansi terkait yang turut dalam rombongan memberikan berbagai pelayanan kepada masyarakat yang hadir di tempat itu. Mulai dari pemeriksaan kesehatan dan pengobatan, pelayanan KB, pengurusan surat-surat dengan catatan sipil, dan pelatihan pembuatan pupuk organik.

Bantuan lain yang diserahkan, berupa alat-alat olahraga untuk sekolah dan Karang Taruna, dan hand tractor untuk petani.

Acara pada sore hari itu diakhiri dengan penyerahan bibit pohon buah dan penanamannya, yang diawali secara simbolis oleh Bupati Taput, Kabag Sumda Pores Taput, dan Asisten II Pemkab Taput.

Seusai acara di Dusun Purba Sinomba, rombongan Bupati Taput melanjutkan perjalanan untuk bertemu dengan masyarakat Desa Pohan Jae di Dusun Siturituri.

Dalam kunjungan ke Dusun Siturituri, Nikson bertemu dengan masyarakat untuk membicarakan rencana pembukaan jalan ringroad Sitabotabo-Kota Siborongborong yang akan melewati dusun ini.

Sebelumnya, sebagian masyarakat sulit untuk melepaskan hak atas lahannya yang terkena lintasan jalan yang akan dibangun. Namun setelah Nikson memberi penjelasan dan pemahaman tentang kendala-kendala maupun manfaat dari pembangunan Ringroad Sitabotabo-Siborongborong, akhirnya masyarakat dengan senang hati sepakat untuk memberi dukungan dan merelakan lahannya dibebaskan dalam pembukaan jalan tersebut. (rel/ajvg)

Foto:

Bupati Tapanuli Utara Drs Nikson Nababan, berdiskusi dengan Kepala Dinas PU Anggiat Rajagukguk, di lokasi jalan yang terancam putus akibat tanah lonsor, Desa Pohan Jae, Kecamatan Siborongborong, Jumat 20/5/2016 (dok.humas pemkab taput)

  • Bagikan