LKPD Taput Kembali Mendapat Opini WTP

  • Bagikan

Medan, BatakToday –

Kali kedua, Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tapanuli Utara (Taput) memperoleh opini wajar tanpa pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Sebelumnya, LKPD Taput untuk pertamakalinya mendapat opini WTP untuk laporan tahun bukau 2014 yang diperiksa pada tahun 2015 lalu.

Berita baik itu diperoleh saat penyerahan laporan hasil pemeriksaan (LHP) atas LKPD Taput tahun buku 2015 oleh Kepala Perwakilan BPK RI Sumatera Utara (Sumut) VM Ambar Wahyuni kepada Bupati Taput Nikson Nababan dan Ketua DPRD Taput Ottoniyer Simanjuntak, di auditorium BPK RI Perwakilan Sumut Medan, Selasa (24/5/2016).

Kepala Perwakilan BPK RI Sumut VM Ambar Wahyuni dalam sambutannya mengapresiasi Pemkab Taput sebagai salah satu pemda yang paling cepat menyerahkan LKPD tahun 2015, dan hasil pemeriksaannya mendapat opini wajar tanpa pengecualian (WTP).

“Kedua kalinya Taput mendapat opini WTP dan pertama kalinya dengan Sistem Akuntansi Pemerintahan (SAP) Akrual. Ini sebuah kemajuan dan patut diapresiasi karena pertama sekali dengan SAP Akrual sudah mendapat opini WTP. Saya berharap untuk Laporan Keuangan Tahun 2016 opini ini dapat dipertahankan dan tetap mengacu pada aturan yang ada. Selamat kepada Pemkab Taput dan kami berharap ini dapat dipertahankan,” ujar Ambar Wahyuni.

Sementara Bupati Taput Nikson Nababan dalam sambutannya mengucapkan terimakasih atas bimbingan pihak BPK RI Perwakilan Sumut  sehingga pihaknya dapat dapat menerapkan sistem akuntansi yang lebih baik yang menghasilkan LKPD yang lebih berkualitas, sehingga memperoleh opini WTP.

“Saya bersyukur dan bangga, sekaligus menjadi tanggung jawab yang lebih besar di tahun yang akan datang untuk mempertahankannya,” katanya.

Bupati Nikson juga mengapresiasi kerja keras para SKPD, khususnya Dinas Pendapatan dan Pengelolaan Keuangan dan Aset Taput yang dipimpin James Simanjuntak, dan juga kinerja Inspektur Matoras Toraja.

“Ini bukan hanya prestasi, tetapi tanggung jawab untuk mempertahankannya. Terimakasih dan saya selalu berharap para SKPD semakin bekerja dengan semangat untuk memberikan yang terbaik bagi masyarakat Tapanuli Utara. Jangan pernah berpuas diri dengan hasil yang ada, tetapi tetaplah berusaha untuk lebih baik terus dari hari ini,” ujar Bupati Nikson. (rel/ajvg)

Foto: Bupati Taput Nikson Nababan dan Ketua DPRD Ottoniyer Simanjuntak berpose bersama usia menerima laporan hasil pemeriksaan (LHP) atas LKPD Taput tahun buku 2015 di auditorium BPK RI Perwakilan Sumut di Medan, Selasa (25/5/2016). (ist)

  • Bagikan