Medan-Gwangju Sepakat Tingkatkan Kerjasama

  • Bagikan

Medan, BatakToday –

Kota Medan dan Gwangju Korea Selatan  telah menjalin kerjasama kota bersaudara (sister city) selama beberapa tahun. Kerjasama tersebut sangat strategis terlebih dengan adanya kecenderungan global yang mendorong hampir seluruh kota di dunia berinteraksi satu sama lain tanpa dihalangi batas-batas administratif untuk membangun kerjasama regional yang saling menguntungkan.

Demikian disampaikan Wakil Walikota Medan Akhyar Nasution ketika menerima kunjungan Walikota Gwangju, Mr Yoon Jang Hyun di Heritage Grand Aston, Selasa(24/5/2016). Kunjungan Walikota Gwangju ini dilakukan terkait dengan program Sister City antara Pemko Medan dan Kota Gwangju.

Menurut Akhyar, kota yang maju adalah kota yang paling banyak berinteraksi dengan dunia luar atau kota-kota besar lainnya, terutama interaksi di sektor perdangangan. Artinya hubungan kerjasama luar negeri dan kota bersaudara yang dikembangkan ini diharapkan mampu memperkuat dan memperkokoh kerjasama khususnya di bidang industri, perdagangan, pariwisata dan investasi.

“Pertemuan ini saya harapkan dapat menggagas lebih banyak prospek kerjasama luar negeri dan kota bersaudara (sister city), khususnya antara Kota Medan dan Gwangju. Atas nama Pemko Medan  saya memberikan apresiasi yang tinggi kepada Walikota Gwangju karena telah berperan aktif dalam mendorong peningkatan kerjasama luar negeri antara Kota Medan dan Gwangju” katanya.

Selain itu, Akhyar berharap kerja sama kedua kota ini dapat terus dikembangkan dengan volume yang semakin besar di berbagai bidang pembangunan. Pemko Medan membuka diri untuk berbagai saran masukan dalam mengembangkan hubungan kerjasama luar negeri dan kota bersaudara yang lebih produktif pada masa yang akan datang.

“Mari kita gagas langkah-langkah strategis, efektif dan konkrit, untuk mewujudkan kerjasama yang saling menguntungkan. Tentunya hal ini menjadi tantangan bagi kedua kota bersaudara, sehingga dapat kita ubah menjadi peluang kerjasama regional yang semakin produktif,” ungkapnya.

Pertemuan turut dihadiri  Ketua DPRD Medan Henry Jhon Hutagalung, Sekda Medan Syaiful Bahri Lubis, Kapolresta Medan Kombes Pol Mardiaz Kusin Dwi Hananto, Kajari Medan Samsuri, Kepala Kantor Imigrasi Klas I Medan Lilik Bambang, Ketua Asosiasi Sister City Bayu Fadlan, tokoh masyarakat Afifudin Lubis dan Syaf Lubis, mantan Walikota Medan Bachtiar Jafar, mantan Wakil Walikota medan Maulana Pohan, dan para pimpinan SKPD.

Sementara itu Walikota Gwangju Mr Yoon Jang Hyun menyampaikan ucapan terima kasihnya atas sambutan yang meriah pada kunjungan yang dilakukannya.

“Saya merasa bersalah tidak sering mengunjungi Kota Medan. Untuk itu,  kedatangan saya hari ini untuk memikirkan kerjasama kedua kota, Medan dan Gwangju,  terutama terkait pertukaran pelajar di kedua kota,” jelas Yoon.

Yoon mengaku, Indonesia  partner yang baik selama ini, termasuk Kota Medan,  karena memiliki bahan bahan bakar alam yang dapat dimanfaatkan oleh kedua negara. Diungkapkannya,  Gwangju merupakan kota besar budaya dan menjunjung tinggi hak asasi manusia (HAM). Di samping itu juga terkenal dengan pusat pembuatan mobil sebanyak 6.000 per tahun dan memproduksi alat-alat elektronik  yang terkenal dengan merek Samsung dan LG.

“Saat ini Gwangju tengah mempersiapkan mobil dengan bahan bakar listrik yang sangat hemat energi. Kita ingin menjalin kerjasama terkait produksi mobil berenergi listrik ini dengan Indonesia, termasuk Kota Medan. Jika kerjasama ini terwujud, tentunya terjadi penghematan energi bagi kedua negara. Kita siap mengolah bahan-bahal alami dari Kota Medan di Kota Gwangju dalam rangka mendukung penghmetan energi tersebut,” paparnya.(AFR)

MANGULOSI: Wakil Walikota Medan Akhyar Nasution mangulosi Walikota Gwangju Mr Yoon Jang Hyun saat menerima kunjungannya di di Heritage Grand Aston, Selasa(24/5/2016). (bataktoday/afr)

  • Bagikan