Pendaftaran Ormas dan LSM Kota Siantar Berakhir dalam Minggu Ini

  • Bagikan

Pematangsiantar, BatakToday

Sehubungan dengan penyusunan database Organisasi Masayarakat (Ormas) dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang ada di Kota Pematangsiantar, maka pemerintah kota melalui Badan Kesatuan Bangsa, Politik dan Perlindungan Masyarakat (Kesbangpollinmas) Kota Pematangsiantar akan melakukan verifikasi dengan berdasarkan Undang-Undang Nomor 17 tahun 2013, tentang Ormas dan LSM. Demikian disampaikan oleh Plt Kepala Badan Kesbangpollinmas Kota Siantar Drs.Ruspina Sari Siregar,M.Si, Selasa (24/5).

Ruspina Sari menyampaikan pesan kepada seluruh Ormas dan LSM yang berdomisili di Kota Siantar agar mendaftarkan diri ke Badan Kesbangpollinmas Kota Siantar.

“Seluruh Ormas dan LSM yang berdomisili di Kota Siantar diminta dan diingatkan untuk segera mendaftar ke Badan Kesbangpollinmas Kota Siantar. Pendaftaran bukan hanya diwajibkan bagi Ormas atau LSM yang baru berdiri, tetapi untuk Ormas dan LSM yang sudah terdaftar tahun-tahun sebelumnya juga harus mendaftar ulang,” ujar Ruspina.

Selanjutnya, disebutkan syarat-syarat untuk mendaftar bagi Ormas dan LSM.

Ormas atau LSM yang sebelumnya sudah terdaftar, cukup mendaftar ulang dengan membawa photocopy Surat KeteranganTerdaftar (SKT).

Bagi Ormas atau LSM yang belum terdaftar, supaya segera mendaftarkan keberadaannya, ke Pemerintah kota Pematangsiantar, Cq. Badan Kesatuan Bangsa Politik dan Perlindungan Masyarakat, dengan membawa persyaratan 1) Akte Pendirian Ormas/LSM; 2) Surat Keputusan (SK) Kepengurusan; 3) Surat Keterangan Domisili kantor/sekretariat dari lurah setempat; 4) Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) Ormas/LSM; dan 5) Surat pernyataan (Formulirnya diambil di kantor Kesbangpollinmas Pematangsiantar.

Ruspina menerangkan bahwa masa pendaftaran, maupun pendaftaran kembali Ormas atau LSM berakhir dalam minggu ini

“Masa pendaftaran bagi Ormas dan LSM sudah dibuka sejak 4 Mei 2016 yang lalu, dan akan ditutup pada tanggal 28 Mei 2016. Pendaftaran dilakukan di kantor Badan Kesatuan Bangsa Politik dan Perlindungan Masyarakat (Kesbangpollinmas) Kota Pematangsiantar, setiap hari kerja, mulai pukul 08.00-16.00 WIB. Dan untuk seluruh proses dalam pendaftaran ini tidak dipungut biaya,” sebut Ruspina.

Di akhir keterangannya Ruspina kembali menghimbau kepada seluruh Ormas dan LSM agar mendaftarkan diri.

“Amanat Undang-Undang, pemerintah wajib memfasilitasi Ormas dan LSM yang terdaftar di wilayah pemerintahannya. Tetapi perlu juga diingatkan, yang difasilitasi tentunya Ormas dan LSM yang sudah terverifikasi dan masuk dalam database. Untuk itu, diingatkan agar seluruh Ormas dan LSM yang berdomisili di Kota Pematangsiantar agar segera mendaftarkan organisasi atau lembaganya ke Badan Kesbangpollinmas Kota Pematangsiantar,” ujar Ruspina. (EM)

Foto:

Plt Kepala Badan Lesatuan Bangsa, Politik dan Perlindungan Masyarakat (Kesbangpollinmas) Kota Pematangsiantar, Drs Ruspina Sari Siregar, M.Si. (em/bataktoday)

  • Bagikan