Akhyar Nasution: Kondisi Pasar Tradisional di Kota Medan Memprihatinkan

  • Bagikan

Medan, BatakToday –

Pedagang merupakan tulang punggung perekonomian bangsa, termasuk perekonomian di Kota Medan. Namun arus modernisasi dan globalisasi mendesak kegiatan perekonomian pada pasar tradisional yang selama ini menjadi pertahanan terakhir kegiatan ekonomi rakyat. Munculnya pasar modern yang bersih, nyaman dan rapi serta menawarkan pelayanan yang lebih baik membuat pasar tradisional kelihangan daya saing.

Demikian diungkapkan Wakil Walikota Medan Akhyar Nasution   dalam sambutannya pada pelantikan pengurus Dewan Pimpinan Pusat Pelindung Persaudaraan Pedagang Pasar Bersatu (DPP P4B) periode 2016-2019  di Gedung Dharma Wanita Jalan Sei Rotan Medan, Sabtu (28/5/2016).

“Saat ini kondisi umum pasar di Kota Medan cukup memprihatinkan. Kesan kotor dan tidak aman kerap kita lihat. Harga barang yang ditawarkan di pasar modern tidak jauh berbeda dengan harga pasar tradisional. Bila harganya sebanding, maka masyarakat akan lebih ke pasar modern,” paparnya.

Untuk itu Pemko Medan berharap  P4B dapat mengambil peran dan bersinergi dengan PD Pasar dalam rangka penataan pasar yang lebih baik kedepan. Akhyar juga berharap  P4B dapat menjadi jembatan bagi para pedagang pasar dalam berbagai hal menyangkut pembenahan pasar kedepan.

“Kami juga harus paham apa yang menjadi keluhan pedagang pasar, serta sebaliknya pedagang pasar juga harus memahami setiap sosialisasi menyangkut pasar yang pemerintah buat,” terangnya.

Atas dasar itulah Akhyar ingin mengajak P4B untuk bekerjasama terutama dalam menata pedagang di Kota Medan.

“Itu yang sangat kami harapkan, sehingga kota yang kita cintai ini bisa lebih tertata dengan baik, lebih bersih, rapi, aman dan nyaman. Ini merupakan tujuan utama kita sebagai perwujudan Medan Rumah Kita,” pungkasnya.

Sementara itu Ketua DPP P4B Suwarno dalam sambutannya mengatakan,  saat ini Indonesia termasuk salah satu negara yang tergabung dalam Masyarakat Ekonomi Asean. Kenyataan ini membuat persaingan perekonomian yang semakin sensitif. Dalam hal ini P4B berusaha mengedukasi, melindungi dan membimbing pedagang, sehingga memiliki kemampuan berkompetisi dan fondasi yang kuat agar tidak tergilas menjadi penonton di negeri sendiri.

Untuk itu Suwarno berharap kepada rekan-rekan pedagang dapat memberi dukungan, sehingga P4B dapat  menjadi organisasi terdepan dalam meproteksi para pedagang yang menjadi salah satu tulang punggung perekonomian nasional.

“Kami berharap kedepan lebih banyak lagi dukungan yang diberikan kepada P4B, sehingga pembangunan perekonomian akan lebih cepat dipacu,” katanya. (AFR)

Foto: Wakil Walikota Medan Ajhyar Nasution saat melantik pengurus Dewan Pimpinan Pusat Pelindung Persaudaraan Pedagang Pasar Bersatu (DPP P4B) periode 2016-2019  di Gedung Dharma Wanita Jalan Sei Rotan Medan, Sabtu (28/5/2016). (bataktoday/afr)

  • Bagikan