Parlindungan Purba: Produksi Bawang Merah Lokal Cukup, Tidak Perlu Impor

  • Bagikan

Medan, BatakToday –

Pemerintah diminta jangan terlalu latah mengimpor kebutuhan pokok khususnya bawang merah. Kebutuhan bawang merah masih bisa ditutupi dengan produksi lokal, seperti dari Brebes, Samosir, Haranggaol, bahkan Kabupaten Batubara yang telah mengembangkan sentra produksi bawang merah.

Hal itu diungkapkan Ketua Komite II Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Parlindungan Purba saat melakukan kunjungan ke Pasar Petisah Medan, Sabtu (28/5/2016).

“Buktinya produksi dalam negeri cukup. Yang perlu diperhatikan adalah stabilisasi harga,” katanya.

Harga bawang merah di Pasar Petisah Medan dua minggu terakhir Rp 40.000 per kilogram naik dari sebelumnya Rp20.000, seperti pengakuan Nurmala,  seorang pedagang di Pasar Petisah.

“Bawang merah saat ini 40 (Rp 40 ribu) per kilo, sudah naik. Sebelumnya hanya 20 (Rp 20 ribu),” kata Nurmala.

Menurut Nurmala, kenaikan harga bawang merah bukan karena pasokan yang kurang. Informasi yang diperolehnya, saat ini di Brebes musim panen. Sementara bawang yang dijualnya adalah bawang lokal yang dihasilkan Samosir dan daerah lainnya di Indonesia. Ditambahkannya, bawang merah impor kurang diminati pembeli, meski harganya lebih murah namun rasanya tidak enak.

Menurut Nurmala, erupsi Gunung Sinabung berdampak pada harga sayur mayur yang pasokannya berkurang. Kentang pun mengalami kenaikan, dari Rp 6.000 per kilogram menjadi Rp10.000.

“Sayuran naik sekitar 50 persen. Kentang yang jauh kali naiknya,” katanya.

Parlindungan mengatakan, impor bukan satu-satunya cara untuk menstabilkan harga.

“Tapi bagaimana menjamin ketersediaan stok pangan dengan harga yang terjangkau,” ujar Parlindungan.

Parlindungan menyarankan agar pemerintah melakukan intervensi pasar. Produk pangan jangan dilepas begitu saja ke pasar.

“Hanya pemilik modal besar yang memonopoli nantinya,” katanya. (AFR)

Foto: Ketua Komite II Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Parlindungan Purba saat melakukan kunjungan ke Pasar Petisah Medan, Sabtu (28/5/2016). (bataktoday/afr)

  • Bagikan