Pancasila yang Terabaikan oleh Penghuni Negeri Ini

  • Bagikan

 …

Oleh: Faith Manalu *)

Pancasila adalah dasar ideologi bangsa Indonesia yang menjadi pandangan hidup bangsa. Pada hakikatnya Pancasila merupakan suatu sistem dimana satu dengan yang lain saling berhubungan, saling bekerjasama untuk tujuan tertentu dan secara keseluruhan merupakan suatu kesatuan utuh yang tidak dapat dipisahkan.

Pancasila sebagai ideologi memiliki peranan penting yang dapat mempengaruhi kelangsungan, keutuhan dan kesatuan bangsa Indonesia.

Hari ini, tepatnya tanggal 1 Juni, 71 tahun yang lalu, Bapak Proklamator kita Bung Karno, dengan lantang berpidato mengenai rumusan Pancasila sebagai ideologi bangsa. Permufakatan di sidang BPUPKI kemudian berhasil menetapkan dasar negara kita, yakni Pancasila.

Kita mengetahui Pancasila sangat mewarnai prinsip-prinsip kebangsaan dan kenegaraan kita. Sila-sila Pancasila adalah bagian tak terpisahkan dari mukadimah (preambule) dan substansi batang tubuh (UUD 1945), maupun konsepsi Negara Kesatuan Republik Indonesia. Namun demikian, dalam perjalanannya Pancasila selalu mendapat rongrongan dari pihak-pihak tertentu dari para penghuni negeri ini, yang sering mengabaikan Pancasila sebagai dasar Negara. Bahkan sikap acuh tak acuh, dan menunjukkan sikap yang menyimpang dari nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila.

Memaknai Pancasila sebagai dasar negara hendaknya tidak hanya dihafalkan saja, tetapi perlu adanya implementasi oleh setiap Warga Negara Indonesia dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga setiap warga negara memiliki rasa saling memiliki antara satu dengan yang lain dalam satu kesatuan. Tidak ada lagi diskriminasi terhadap agama, suku, maupun golongan. Tidak membeda-bedakan manusia Indonesia yang satu dengan yang lain. Tetapi, semuanya menjadi satu dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berasaskan Pancasila.

Selamat Memperingati 71 Tahun Hari Lahirnya Pancasila… Merdeka!!!

*) Penulis adalah Ketua Caretaker Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia Siantar-Simalungun

  • Bagikan