Aparat Kawal Pembetonan Jalan Veteran Medan, Preman Tak Berkutik

  • Bagikan

Medan, BatakToday –

Dinas Bina Marga melakukan pembetonan Jalan Veteran, persisnya satu area dengan bekas terminal bis kota di belakang Medan Mall, Rabu (1/6/2016). Pembetonan ini dilakukan karena kondisi jalan selama ini rusak parah sehingga menganggu kenyamanan para pengendara saat melintas.

Proses pembetonan mendapat pengawalan ketat aparat kepolisian dan petugas Satpol PP. Pengawalan itu dilakukan untuk mengantisipasi kemungkinan para pedagang kaki lima (PK-5) maupun para preman yang membeking menolak pembetonan, sebab jalan itu selama ini digunakan PK-5 tempat menggelar lapak menjual sayuran, buah maupun ikan basah.

Pembetonan dilakukan dengan menggunakan truk molen. Isi truk molen yang berisi coran langsung dituangkan di jalan yang telah dipasang mal dan besi,  disaksikan  seratusan PK-5 beserta sejumlah preman. Namun tak satu pun dari pedagang maupun preman yang berani menggagalkan pembetonan tersebut.

Kadis Bina Marga Kota Medan, Khairul Syahnan mengatakan, pembetonan ini dilakukan untuk memperbaiki Jalan Veteran yang rusak. Sejak dijadikan lapak berjualan oleh para PK-5, kondisi Jalan Veteran menjadi kupak-kapik. Pada saat hujan deras turun, jalan itu terendam air karena parit yang ada di sekitar kawasan itu tersumbat  sampah sisa barang jualan para PK-5.

Para pekerja tampak meratakan readymix concrete yang dicurahkan dari mobil molen pada pembetonan Jalan Veteran Medan, Rabu (1/6/2016). (bataktoday/afr)
Para pekerja tampak meratakan readymix concrete yang dicurahkan dari mobil molen pada pembetonan Jalan Veteran Medan, Rabu (1/6/2016). (bataktoday/afr)

“Itu sebabnya Jalan Veteran ini tidak kita aspal melainkan dibeton, karena kualitasnya lebih baik lagi. Selain untuk membuat pengendara merasa aman dan nyaman saat melintas, pembetonan ini dilakukan dalam rangka mendukung rencana Walikota Medan untuk mengembalikan fungsi Jalan Sutomo dan sekitarnya menjadi kawasan pertokoan yang bersih, aman, nyaman dan asri,” terang Syahnan.

Syahnan menjelaskan, luas Jalan Veteran yang dibeton sekitar 234 m2 dengan tebal coran 15 cm. Dia memprediksi pembetonan akan berlangsung selama dua hari dan selama 30 hari Jalan Veteran yang baru dicor itu tak dapat digunakan.

“Biar hasilnya lebih baik lagi, selama 30 hari jalan yang baru dicor ini tidak dapat dipergunakan!” tegasnya.

Setelah Jalan Veteran, terang Syahnan, pihaknya juga akan membeton Jalan Timor karena kondisinya sangat memprihatinkan.

“Luas jalan  yang kita beton sekitar 200 mdan ketebalan coran juga 15 cm. Semoga dengan pembetonan yang kita lakukan ini memberikan manfaat bagi masyarakat,” harapnya. (AFR)

Foto: Seorang petugas Satpol PP tampak sedang mengawal pelaksanaan pembetonan Jalan Veteran Medan dari gangguan pedagang kaki lima dan preman, Rabu (1/6/2016). (bataktoday/afr)

  • Bagikan