Bupati Nikson Panen Perdana di Parbaju Toruan

  • Bagikan

Tarutung, BatakToday –

Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan didampingi  Ketua Tim Khusus LO Upaya Khusus Pajale (Padi Jagung dan Kedele) Kementerian Pertanian DR Lalu M Zarwazi lakukan panen padi perdana pada lahan pertanian masyarakat yang mendapatkan pupuk bersubsidi bayar pasca panen di Desa Parbaju Toruan Kecamatan Tarutung, Jumat  (03/6/2016).

“Pupuk bersubsidi bayar pasca panen ini telah membuahkan hasil, dimana 1 ha lahan telah menghasilkan 8 ton padi yang tadinya hanya menghasilkan 6,7 ton. Upaya ini juga untuk menghindari beredarnya pupuk palsu dimana pupuk ini benar-benar menghasilkan dan meningkatkan produksi padi petani,” ujar Nikson pada acara pertemuan dengan masyarakat usai panen perdana.

Bupati Nikson berjanji, selanjutnya seluruh kelompok tani di Desa Parbaju Toruan akan mendapat penyaluran pupuk bersubsidi. Ia juga meminta masyarakat untuk terus melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan produktivitas lahan pertanian.

“Kita tidak boleh berpuas diri sampai disini. Kita bersyukur, tetapi tetap melakukan peningkatan-peningkatan. Lakukan hal yang luar biasa untuk mendapatkan hasil yang luar biasa. Tidak saatnya lagi melakukan hal-hal yang biasa sehingga perubahan ke arah yang lebih baik, kemandirian dalam pangan dapat kita capai,” ujar Nikson menyemangati petani.

Sementara Ketua Tim Khusus LO Upaya Khusus Pajale Kementerian Pertanian DR Lalu M Zarwazi dalam sambutannya memuji keberhasilan berbagai program yang diluncurkan Pemerintah Kabupaten Tapanuli dalam mendukung tercapainya kemandirian pangan nasional.

“Saya sangat mengharapkan Bupati Taput bisa menjadi pembicara atau narasumber bagi kelompok binaan kami di kementerian yang akan melaksanakan sosialisasi pada bulan Agustus mendatang,” katanya.

Di penghujung kunjungan ke Desa Parbaju Toruan, Bupati Nikson dan rombongan bersama masyarakat melakukan panen ikan perdana di kolam Kelompok Tani Situmandi.

Turut hadir pada panen perdana, Direktur Utama Perusahaan Daerah (PD) Pertanian Taput Siswanto, Kadis Pertanian Tonny Simangunsong, Kadis Perternakan dan Perikanan Longgos Pandiangan, dan Kaban BP4K Sey Pasaribu. (rel)

Foto: Bupati Taput Nikson Nababan (tengah, mengenakan kemeja putih) bersama rombongan saat melakukan panen padi perdana pada lahan pertanian masyarakat yang mendapatkan pupuk bersubsidi bayar pasca panen di Desa Parbaju Toruan Kecamatan Tarutung, Jumat  (03/6/2016). (ist)

  • Bagikan