13 Juni 2016, Layanan Penukaran Uang Dibuka di Medan‬‪ ‪

  • Bagikan

Medan, BatakToday

Dalam rangka menyambut hari raya Idul Fitri 1437 H, Bank Indonesia Provinsi Sumut membuka layanan penukaran uang mulai tanggal 13 Juni 2016.

‪Layanan penukaran uang itu berada di delapan penjuru mata angin, diantaranya Medan, Belawan, Binjai, Tanjung Morawa dan Lubuk Pakam.

‪”Ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan permintaan uang kecil,” kata Kepala BI Perwakilan Wilayah Sumut, Rabu (8/6/2016).

‪Layanan penukaran uang tersebut berlangsung hingga 1 Juli 2016.

“Untuk penukaran uang pada kas mobil maksimal sebesar Rp3,7 juta dengan rincian Rp20 ribu, Rp10 ribu  Rp5 ribu dan Rp 2 ribu untuk masing-masing satu pak,” ujarnya.

‪Untuk nominal yang dapat ditukarkan pada layanan C to C maksimal Rp 3,680 juta dengan kualitas uang hasil cetak sempurna (HSC).

‪”Khusus Layanan kas mobil online, masyarakat dapat melakukan penukaran dengan jumlah minimal Rp7 juta dan maksimal Rp15 juta per penukaran per harinya,” ucapnya.

‪”Berbagai strategi dilakukan BI juga bertujuan untuk memberikan kenyamanan bertransaksi serta meminimalkan aksi “pedagang uang” yang biasanya muncul pada bulan Ramadhan,” ungkapnya.

‪Difi mengatakan, kebutuhan uang tunai menjelang Hari Raya Idul Fitri 1437 H untuk wilayah Medan dan sekitarnya diperkirakan mencapai Rp4,8 Triliun. Angka tersebut meningkat sekitar 14,3 persen dibanding tahun lalu sebesar Rp 4,2 triliun.

‪Pihaknya menyediakan layanan penukaran uang, penukaran uang menggunakan kartu (card to cash), layanan penukaran kas mobil, layanan kas keliling dan layanan kas mobile online.

‪”Untuk layanan penukaran kas di mobile akan diikuti oleh 11 mobil bank dan satu kas mobil Bank Indonesia. Ke 11 mobil bank tersebut, yaitu Bank Permata, BNI, BPD Sumut, BRI, CIMB Niaga, Bank Mega, Muamalat, BNI Syariah, May Bank, Mestika dan Mandiri. Kepada masyarakat yang memiliki uang logam dapat menukarkannya di loket khusus mobil kas BI yang telah disediakan,” ucapnya.

‪Layanan kas keliling mobile akan dipusatkan di pasar- pasar tradisional serta instansi terkait di wilayah Medan dan sekitarnya.

‪”Untuk layanan kas mobil online diperuntukan bagi masyarakat masa kini. Yang ingin melakukan penukaran dengan menyampaikan rencana penukarannya paling lambat satu hari sebelumnya. Pengambilannya dilakukan di lokasi mobil kas keliling sesuai jadwal BI,” katanya.

Sembilan Bank Sediakan Uang Kartal Baru di ATM

Sebelumnya, Kepala BI Perwakilan Wilayah Sumut, Difi A Johansyah menyebutkan bahwa Bank Indonesia (BI) Wilayah Sumut menyediakan uang kartal baru di ATM bank-bank yang khusus di Medan, yang bekerjasama untuk penukaran uang pecahan kecil (UPK), Rabu (8/6/2016).

‪”Uang kartal baru itu sudah ada sejak bulan April 2016. Jadi masyarakat yang menarik uang di ATM akan keluar uang baru. Masyarakat tidak perlu lagi menunggu loket penukaran uang yang biasa dilakukan pada pertengahan Ramadan,” kata Difi.

‪Difi menjelaskan, ada sembilan bank penukaran dengan kartu debet (cash to card) yang bekerjasama dalam hal penukaran UPK.

‪Ke-9 bank tersebut yaitu BCA Jalan Diponegoro, BII Jalan Diponegoro, BNI Jalan Pemuda, BRI Jalan Putri Hijau, CIMB Niaga Jalan Bukit Barisan, Danamon Jalan Putri Hijau, Bank Mandiri Jalan Balai Kota, Bank Mestika di Jalan Zainul Arifin, dan Bank Permata Jalan Zainul Arifin.

‪”Masyarakat bisa memperoleh uang kartal baru di tiap bank tersebut,” ujarnya.

‪Kebutuhan uang tunai menjelang hari raya Idul Fitri 1437 H untuk wilayah Medan dan sekitarnya diperkirakan mencapai Rp4,8 Triliun.

‪Angkat tersebut meningkat sekitar 14,3 persen dibanding tahun lalu sebesar Rp 4,2 triliun. (AFR)

Foto:

Kepala BI Perwakilan Wilayah Sumut, Difi A Johansyah, Medan, Rabu 8/6/2016 (bataktoday/afr)

  • Bagikan