Ribuan Warga Medan Hadiri Pembukaan Ramadhan Fair XIII

  • Bagikan

Medan, BatakToday –

Ribuan warga Kota Medan menghadiri pembukaan Ramadhan Fair XIII tahun 2016 di Taman Sri Deli Jalan Sisingamangaraja Medan, Jumat (10/6/2016) malam. Saat membuka acara tersebut Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi berharap, kegiatan ini dapat menjadi syiar Islam yang sejuk dan penuh pesona. Untuk itu, saat pelaksanaan Shalat Tarawih sampai Witir, para pedagang diharapkan dapat menjaga suasana di arena Ramadhan Fair tetap religius.

Erry berterima kasih kepada Pemko Medan yang telah memprakarsai kegiatan Ramadhan Fair dalam rangka menumbuhkan rasa keagamaan dan kebersamaan umat. Hal ini membuktikan Pemko Medan tidak hanya berfokus pada pembangunan fisik semata, melainkan secara bersama membangun mental sumber daya manusia yang berahlakul karimah melalui kegiatan-kegiatan keagamaan.

“Dengan komitmen ini, slogan Medan Rumah Kita menjadi kota masa depan yang multikultural, yang berdaya saing, sejahtera, humanis dan religius. Dengan demikian warga Kota Medan tetap dibentengi oleh sentuhan-sentuhan iman, sehingga sebesar apapun arus modernisasi yang akan mengelilingi kota ini, insya Allah warganya tetap mengingat kebesaran Tuhan Yang Maha Esa,” kata Erry.

Erry menambahkan, Ramadhan Fair yang merupakan program rutin Pemko Medan yang diprakarsai Walikota Abdillah sejak tahun 2003, telah menjadi ikon Kota Medan dalam mendorong perekonomian umat sekaligus syiar Islam.

Sementara, Walikota Medan Dzulmi Eldin mengatakan, perhelatan Ramadhan Fair ini telah melekat di hati masyarakat sehingga selalu mendapat sambutan luar biasa. Selain memberikan manfaat secara sosial ekonomi, juga menjadi sarana untuk meningkatkan ukhuwah Islamiah di tengah-tengah masyarakat.

Melalui Ramadhan Fair, imbuh Walikota Eldin, warga dapat memenuhi kebutuhan puasa sekaligus Hari Raya Idul Fitri dengan ketersediaan produk-produk berkualitas dan harga terjangkau, karena Pemko Medan tidak membebankan biaya prasarana dan sarana Ramadhan Fair kepada para pelaku usaha.

“Saya berharap event ini dapat mewakili cerminan religiousitas kota, menggambarkan kota yang damai penuh toleransi, sekaligus sebagai kota multikultural,” harap Eldin.

Menurut Eldin, kedepan Ramadhan Fair akan digelar secara nasional dengan mengundang peserta dari luar kota Medan, bahkan peserta dari luar negeri. Dengan demikian, Ramadhan Fair dapat menjadi wahana promosi yang lebih luas, terutama bagi pelaku UMKM dan kuliner, serta menjadi daya tarik wisatawan untuk mengunjungi ibukota Provinsi Sumatera Utara.

Eldin menambahkan, untuk mengantisipasi kecenderungan peningkatan konsumsi masyarakat pada bulan Ramadhan, Pemko Medan juga menggelar pasar murah di 151 titik yang tersebar di seluruh kecamatan bekerjasama dengan stakeholder terkait. Menurutnya, kehadiran pasar murah mendapat respon cukup baik dari segenap masyarakat, terbukti tingkat kunjungan setiap harinya terus meningkat.

Sebelumnya, Plt Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Kota Medan, Hasan Basri dalam laporannya mengungkapkan, pada Ramadhan Fair kali ini, dilakukan penggabungan konsep edukasi melalui syiar Islam dengan media promosi dari pelaku UMKM, baik berbasis kuliner mauoun non kuliner, serta sebagai wadah hiburan yang bersifat religi bagi warga Kota Medan.

“Disamping itu, Ramadhan Fair juga menjadi media syiar yang bermuara pada semakin kuatnya kehidupan beragama, sekaligus untuk menunjang kepariwisataan di Kota Medan,” jelas Hasan.

Hasan menjelaskan, event ini akan berlangsung dari 6 Juni sampai 5 Juli 2016.  Selama kurun waktu hampir sebulan itu, Ramadhan Fair akan diisi dengan berbagai kegiatan seperti bazar UMKM berbasis kuliner yang diikuti 135 pedagang dan non kuliner sebanyak 75 pedagang, pelaksanaan tausiah dan konsulatsi agama, atraksi seni dan budaya Islami dari artis lokal maupun ibukota, tadarus Al Qur’an, dan peringatan Nuzulul Qur’an.

Selain itu, kata Hasan, pihaknya juga akan mengelar perlombaan yang bersifat religius diantaranya festival band religi, lomba azan tingkat SD, dan lomba busana Muslim.

Turut hadir pada pembukaan Ramadhan Fair, diantaranya Wakil Walikota Akhyar Nasution, Wakil Ketua DPRD Medan Iswanda Nanda Ramli, Sekda Kota Medan Syaiful Bahri Lubis, Kapolres Belawan AKBP Tri Setyadi Artono, Dandim 0201/BS Kol Inf Maulana Ridwan, Ketua TP PKK Kota Medan Rita Maharani Dzulmi Eldin, mantan Walikota Medan Abdillah, dan jajaran pimpinan SKPD Pemko Medan.

Acara pembukaan dimeriahkan tampilan Setia Band dari ibukota dengan melantunkan sejumlah lagu hitsnya yang dibawakan langsung sang vokalis, Charly. (AFR)

Foto: Walikota Medan Tengku Dzulmi Eldin disaksikan Gubernur Sumut Tengku Rizal Nurdin dan Wakil Walikota Akhyar Nasution, memukul bedug pertanda dibukanya Ramadhan Fair XIII secara resmi di Taman Sri Deli Jalan Sisingamangaraja Medan, Jumat (10/6/2016) malam. (bataktoday/afr)

  • Bagikan