Kabut, Penerbangan di KNIA Ditutup Selama Dua Jam‬

  • Bagikan

Deliserdang, BatakToday –

Sejumlah penerbangan terpaksa ditunda akibat kabut pekat yang menyelimuti bandar udara (bandara) Kuala Namu International Airport (KNIA). Bahkan, operasional bandara  sempat ditutup selama satu jam pada Kamis (16/6/2016).

‪Plt Manager Humas dan Protokoler Bandara Kualanamu Wisnu Budi Setianto‎ mengatakan, penutupan dilakukan sejak pukul 07.24 WIB hingga 08.24 WIB, karena jarak pandang akibat kabut mencapai 200 meter.

‪”Kita menutup karena visibility (jarak pandang-red) tersebut terlalu berbahaya untuk penerbangan,” katanya.

‪Akibatnya, delapan penerbangan mengalami penundaan, yakni penerbangan menuju Singapura, Penang, Pekan Baru, Silangit, Jakarta, Sibolga dan Gunung Sitoli.‎ Sedangkan tiga penerbangan lainnya di jadwal ulang.

‪”‎Penerbangan menuju Aceh dan Batam dibatalkan/ditunda. Pembatalan disebabkan jarak pandang terbatas di bandara tujuan,” jelasnya.

‪Penundaan ini  tidak memicu gejolak para calon penumpang di KNIA, karena  penumpang telah diberi informasi sebelumnya.

‪”Sejauh ini pembatalan lebih disebabkan oleh faktor cuaca. Penumpang dapat memahami keadaan tersebut dan telah dihandle dengan baik oleh airlines‎,” ujar Wisnu.

‪Bandara dibuka kembali sekitar pukul 08.24 WIB, saat cuaca berangsur membaik dimana jarak pandang sudah mencapai 1.200 meter.

“Setelah dibuka hingga saat ini semuanya sudah berjalan normal,”  kata Wisnu. (AFR)

Foto: Ilustrasi.

  • Bagikan