Tengku Erry Rotasi 12 Pejabat Eselon II Pemprov Sumut

  • Bagikan

Medan, BatakToday –

Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Tengku Erry Nuradi menegaskan, jabatan yang diemban Aparatur Sipil Negara (ASN) merupakan simbol pelayanan kepada masyarakat, bukan simbol kekuasaan seperti paradigma yang ada selama ini. Hal itu disebutkan Tengku Erry Nuradi saat melantik 12 pejabat Eselon II (Pimpinan Tinggi Pratama) dan 21 pejabat Eselon III (Pejabat Administrator) di lingkungan Pemerintah Provinsi (pemprov) Sumut di Aula Martabe Kantor Gubernur Sumut, Jl Diponegoro Medan, Jumat (17/6/2016).

Hadir dalam acara pelantikan, Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sumut  Hasban Ritonga, para Staf Ahli, Asisten Sekda, dan jajaran Kepala SKPD di lingkungan Pemprov Sumut.

Dalam kesempatan itu Gubernur Sumut mengatakan, untuk membangun Sumut yang berdaya saing dan sejahtera, jajaran pimpinan Pemprov Sumut harus melakukan tiga perubahan besar. Yang pertama, mengubah paradigma dari paradigma lama ke paradigma baru.

“Jika selama ini jabatan yang diemban Aparatur Sipil Negara yang sebelumnya kita kenal dengan sebutan Pegawai Negeri Sipil, sebagai simbol kekuasaan, saat ini harus diubah menjadi simbol pelayanan. Semakin tinggi jabatannya, semakin besar tanggungjawabnya memberikan pelayanan,” sebut Erry.

Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi memberikan keterangan kepada wartawan usai melantik 12 pejabat Eselon II (Pimpinan Tinggi Pratama) dan 21 pejabat Eselon III (Pejabat Administrator) di lingkungan Pemerintah Provinsi (pemprov) Sumut di Aula Martabe Kantor Gubernur Sumut, Jl Diponegoro Medan, Jumat (17/6/2016). (bataktoday/afr)
Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi memberikan keterangan kepada wartawan usai melantik 12 pejabat Eselon II (Pimpinan Tinggi Pratama) dan 21 pejabat Eselon III (Pejabat Administrator) di lingkungan Pemerintah Provinsi (pemprov) Sumut di Aula Martabe Kantor Gubernur Sumut, Jl Diponegoro Medan, Jumat (17/6/2016). (bataktoday/afr)

Kedua, ASN Pemprov Sumut harus mampu melakukan revolusi mental dan pola fikir yang keliru selama ini.

“Ditengah situasi dan kondisi Pemprovsu yang saat ini cukup memprihatinkan tentu harus mampu melakukan revolusi mental dan merubah pola pikir, terutama pola pikir yang tidak baik pada masa-masa yang lalu,” jelasnya.

Dan ketiga, pejabat harus dapat mengubah sikap dan perilaku yang kurang baik menjadi baik.

“Tunjukkanlah bahwa ASN adalah pelayan masyarakat, bukan sebaliknya minta dilayani,” ujarnya.

Erry menginstruksikan pejabat yang baru dilantik untuk melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab dan menempatkan diri sebagai agen perubahan (agent of change), termasuk memberikan sanksi bagi ASN yang tidak melaksanakan tugas pokok dan fungsinya.

“Saya berharap pejabat yang baru dilantik harus bisa menjadi agent of change dalam upaya membawa Sumut ke arah yang lebih baik. Jangan takut untuk memberikan sanksi kepada ASN yang tidak disiplin,” katanya.

Disiplin, sebut Erry, merupakan modal utama dalam menegakkan pemerintahan yang baik (good governance) dan pemerintahan yang bersih (clean government).

“Saya juga minta pejabat yang baru dilantik untuk merangkul jajaran di bawahnya untuk bersinergi dan bekerjasama. Kekuatan sesungguhnya adalah kebersamaan. Satu bidang dengan bidang lainnya saling terkait dan merupakan mata rantai pelayanan,” pesan Erry.

Pejabat yang dilantik yakni Binsar Situmorang menjadi Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setdaprov Sumut. Binsar Situmorang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Dinas Tata Ruang dan Permukiman yang saat ini di jabat Ibnu Sri Hutomo, yang sebelumnya mejabat Kepala Biro Administrasi Pembangunan Setdaprov Sumut.

Ferlin Nainggolan yang sebelumnya menjabat Staf Ahli Bidang Hukum dan Pemerintahan pada Sekretariat Daerah Provsu, saat ini manjabat Kepala Badan Perpustakaan Arsip dan Dokumentasi Sumut. Riadil Akhir Lubis yang sebelumnya Staf Ahli Bidang Ekonomi, SDA dan Keuangan pada Sekretariat Daerah Provsu dilantik menjadi Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Sumut. Bondaharo yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Biro Perekonomian Setdaprov Sumut dilantik menjadi Kepala Badan Pelayanan Perijinan Terpadu Sumut.

Nouval Mahyar yang sebelumnya Kepala Biro Pemerintahan Setdaprov Sumut dilantik manjadi Staf Ahli Gubernur Sumut Bidang Hukum dan Pemerintahan Setdaprov Sumut. Sedangkan Dinsyah yang sebelumnya menjabat Kadis Pengelolaan Sumber Daya Air Provsu dilantik menjadi Staf Ahli Bidang Ekonomi, SDA dan Keuangan pada Setdaprov Sumut.

Rajali yang sebelumnya menjabat Kepala Dinas Pendapatan Provsu dilantik menjadi Kepala Dinas Kesejahteraan dan Sosial Setdaprov Sumut. Jabatan Kadis Pendapatan Pemprov Sumut saat ini diisi Sarmadan, yang sebelumnya menjabat Kepala Badan Pelayanan Perijinan Sumut.

Alwin yang sebelumnya menjabat Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Sumut.dilantik menjadi Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sumut. Nurlela menjabat Kepala Biro Pemberdayaan Perempuan, Anak dan KB Setdaprov Sumut. Jabatan Nurlela sebelumnya Sekretaris Korpri Sumut diisi Muhammad Yusuf yang sebelumnya menjabat Kepala Biro Kemasyarakatan dan Sosial Setdaprov Sumut.

Selanjutnya untuk jabatan Eselon III, Mulyadi Simatupang dilantik menjadi Kepala UPT Dinas Pendapatan Binjai yang sebelumnya menjabat Kepala Bidang Sosial dan Budaya pada Badan Penelitian dan Pengembangan Sumut. Isna dilantik menjadi Kepala UPT Penyuluhan Pendapatan Daerah Dispenda Sumut yang sebelumnya menjabat Kabid Pendidikan dan Pelatihan Teknis Badan Diklat Sumut.

Syahrul Irwan Nasution yang sebelumnya menjabat Kepala UPT Penyuluhan Pendapatan Daerah Dispenda Sumut dilantik menjadi Kabid Pendidikan dan Pelatihan Teknis Badan Diklat Sumut. Muhammad Faisal Hasrimy yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala UPT Medan Selatan Dinas Pendapatan Provsu diangkat menjadi Kepala Bagian Humas Pimpinan, Keprotokolan dan Telekomunikasi pada Biro Umum Setdaprov Sumut. Sedangkan pejabat sebelumnya Hendra Dermawan Siregar saat ini menjadi Kepala Bidang Sosial dan Budaya Badan Penelitian dan Pengembangan Sumut.

Ita Safitri dilantik menjabat Kepala UPT Medan Selatan pada Dispenda Sumut, yang sebelumnya menjabat Kasi PKB UPT Dinas Pendapatan Medan Selatan Sumut. Abdul Haris Rangkuty menjadi Sekretaris Badan Promosi dan Investasi Sumut yang sebelumnya menjabat Kabag Anggaran pada Biro Keuangan Setdaprov Sumut. Rudi Rinaldi yang sebelumnya menjabat Kasubbid Pemberdayaan Organisasi dan Pemuda pada Dinas Pemuda dan Olah Raga Sumut dilantik menjadi Kabid Bina Keolahragaan Dinas Pemuda dan Olah Raga Sumut.

Selanjutnya staf Dinas Pendidikan Provsu, Hamida Pasaribu, dilantik menjadi Kepala Bidang Pendidikan Menengah dan Pendidikan Tinggi Dinas Pendidikan Sumut, yang sebelumnya dijabat August Sinaga yang selanjutnya menjadi Kepala UPT SMKN Binaan Pemprov Sumut. Antony Sinaga menjadi Kepala Bagian Penyuluh Hukum Biro Hukum Setdaprov Sumut yang sebelumnya menjabat Kepala UPT Dinas Pendapatan Sumut Pematangsiantar.

Erlina Yudha Altius, staf pada Dinas Pendapatan Sumut, dilantik menjadi Kepala UPT Dinas Pendapatan Sumut Pematangsiantar. Sudarto yang sebelumnya menjabat Kepala Bagian Pembinaan Kehidupan Beragama pada Biro Binkemsos Setdaprov Sumut dilantik menjadi Kepala Bidang Pembinaan Ideologi dan Kewaspadaan Bangsa pada Badan Kesatuan Bangsa Politik dan Perlindungan Masyarakat (Kesbangpolinmas) Sumut. Agus Tripriyono yang sebelumnya staf Balitbang Provsu dilantik menjadi Kabag Anggaran pada Biro Keuangan Setdaprov Sumut.

Muhammad D yang sebelumnya menjabat Kepala Bidang Pembinaan Idelogi dan Kewaspadaan Bangsa pada Badan Kesbangpolinmas Sumut dilantik menjadi Kepala Bagian Pembinaan Kehidupan Beragama pada Biro Bina Kemasyarakatan dan Sosial Setdaprov Sumut. Jojor Sitorus Pane menjadi Kepala Bidang Pembinaan SDM dan Kelembagaan Perpustakaan pada Badan Perpustakaan Arsip dan Dokumentasi Sumut, sebelumnya menjabat Kasubbid Pembinaan Kelembagaan Perpustakaan pada Badan Perpustakaan Arsip dan Dokumentasi Sumut. Maruli Silitonga sebelumnya staf pada Dispora Provsu menjadi Kepala UPT Pelatihan Tranmigrasi pada Disnakertrans Sumut. Marwani Telaumbanua, staf pada Dinas Pendidikan Sumut, menjadi Kepala Bidang Pendidikan Non Formal, Informal dan PAUD (PLS) pada Dinas Pendidikan Sumut.

Afwan sebelumnya Sekretaris Dinas Kesehatan Provsu dilantik menjadi Kepala UPT Pelayanan Ambulan dan Pengaduan Masyarakat pada Dinas Pendidikan Provsu, bertukar tempat dengan Agustama. Afifi Lubis, staf Badan Penelitian dan Pengembangan Sumut menjadi Sekretaris Badan Penelitian dan Pengembangan Sumut.

Ini kali pertama Tengku Erry Nuradi melakukan rotasi jabatan setelah dilantik menjadi Gubernur Sumut definitif Presiden Joko Widodo. (AFR)

Foto: Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi melaksanakan prosesi sumpah jabatan saat melantik 12 pejabat Eselon II (Pimpinan Tinggi Pratama) dan 21 pejabat Eselon III (Pejabat Administrator) di lingkungan Pemerintah Provinsi (pemprov) Sumut di Aula Martabe Kantor Gubernur Sumut, Jl Diponegoro Medan, Jumat (17/6/2016). (bataktoday/afr)

  • Bagikan