Anak di Pengungsian Sinabung, “Aku Rindu Kembali ke Rumah…”

  • Bagikan
Delfi Febby Sumantri bersama anak-anak di pengungsian Sinabung

Tanah Karo, BatakToday

Komunitas lapakmedan.com yang turut ambil bagian dalam kegiatan Peduli Sinabung yang diselenggarakan Ikatan Mahasiswa Bahasa dan Sastra Indonesia se-Indonesia (IMABSII), menghibur dan memberikan edukasi kreativitas pada anak-anak di Posko yang berada di Kecamatan Tiganderket, Tanah Karo, (18-19/6).

Dalam release-nya lapakmedan menyebutkan bahwa mereka mendapat bagian untuk menghibur sekaligus mengedukasi anak-anak korban erupsi Sinabung dalam hal kreativitas. Anak-anak tersebut dipandu langsung oleh Bendahara lapakmedan, Delfi Febby Sumantri dan Sekretaris Lapak Medan Production, Latia Susanti.

Dengan bekal dan peralatan yang sebelumnya sudah dipersiapkan dari Medan, kedua wanita ini mengajak anak-anak korban erupsi Gunung Sinabung untuk membentuk lingkaran, membagikan kertas origami dan perlengkapan lainnya.

Anak-anak mulai mengikuti apa yang diajarkan Delfi dan Latia. Mereka begitu antusias dan merasa terhibur saat merespon intruksi yang diberikan kedua pengasuhnya.

Demikian halnya Delfi dan Latia, meski sedang menjalankan ibadah puasa, berpuasa, tidak menyurutkan semangat keduanya sebagai pengasuh bagi anak-anak pengungsi yang berkumpul saat itu.

Hasil kreativitas anak-anak berupa lipatan kertas origami berbagai bentuk kemudian ditempelkan ke spanduk yang dipajang sebagai latar belakang panggung tempat mereka berinteraksi.

Pada malam harinya, lapakmedan memandu anak-anak untuk menampilkan kreativitasnya dalam bentuk pembacaan puisi dan curhatan tentang pengalaman anak-anak selama di pengungsian maupun saat menghadapi erupsi Sinabung.

Salah satu anak yang tampil, menceritakan pengalaman menyedihkan saat menghadapi erupsi Sinabung. Anak-anak lain, termasuk juga kedua ‘kakak pengasuh’ turut larut di dalamnya, bahkan sampai meneteskan air mata.

“Minggu pagi itu, kami dalam perjalanan mau ke gereja. Gunung Sinabung kembali meletus, kami terdiam. Kami bingung, kami sedih, rumah kami rusak. Aku rindu kembali ke rumah,” tuturnya dengan kepolosan seorang anak.

Anak-anak lain, termasuk juga kedua ‘kakak pengasuh’ turut larut dalam kesedihan, bahkan meneteskan air mata saat mengikuti penuturan anak tersebut,.

Seluruh kegiatan Peduli Sinabung yang diselenggarakan IMABSII, disertai komunitas lapakmedan berjalan lancar. Dimulai dari beberapa kegiatan pengumpulan bantuan, sampai pada akhirnya terjun ke lokasi pengungsian, semua berlangsung lancar dan sukses. (rel/ajvg)

Foto:

Bendahara lapakmedan.com, Delfi Febby Sumantri, saat menghibur sekaligus memberikan edukasi kreativitas anak-anak pengungsi korban erupsi Gunung Sinabung, Posko Pengungsi di Kecamatan Tiganderket, Tanah Karo, Sabtu 18/6/2016 (doc. lapakmedan)

  • Bagikan