Dinas Tarukim Siantar Selama Ini ‘Sembunyikan’ Kayu Hasil Pencabangan Pohon

  • Bagikan

Pematangsiantar, BatakToday

Kepala Bidang Aset Dinas Pendapatan, Pengelolahan Keuangan dan Aset Daerah (DPKAD) Kota Pematangsiantar, Subrata Nata Tobing mengungkapkan bahwa setiap melakukan pencabangan pohon, Dinas Tata Ruang dan Pemukiman (Tarukim) tidak pernah mengajukan kayu hasil pencabangan untuk dilelang DPPKAD. Menurutnya, hal ini sudah berlangsung selama dua tahun terakhir, Jumat (24/6).

Dia menyebut,  walau pencabangan pohon  dilakukan Dinas Tarukim untuk penataan kota, tapi batang-batang pohon yang telah dicabangi masih menjadi bagian dari aset daerah yang sangat memungkinkan untuk menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Saya tidak tahu sudah berapa kali Dinas Tarukim melakukan pencabangan pohon, yang pasti batang-batang pohon yang dicabangi itu merupakan aset  pemerintah kota,” kata Subrata saat dikonfirmasi BatakToday di ruang kerjanya, terkait adanya pencabangan pohon di sekitar Lapangan Adam Malik yang dilakukan oleh Dinas Tarukim,  Jumat (24/6) sekitar pukul 09.00 pagi.

Subrata menjelaskan, pada  tahun sebelumnya setelah selesai melakukan pencabangan pohon, Dinas Tarukim  sudah pernah datang menanyakan langsung kepadanya secara lisan, mengenai prosedur hukum dalam pelelangan aset. Namun, setelah itu, sampai saat ini tidak pernah ada lagi tindaklanjut yang pasti dari Dinas Tarukim setiap selesai melakukan pencabangan pohon.

Subrata juga mengaku tidak tahu sama sekali ke mana Dinas Tarukim  selama ini menempatkan potongan-potongan kayu hasil pencabangan.

Dia menambahkan, jika ingin dilelang oleh pemerintah kota, nilai jual terhadap batang-batang pohon tersebut akan dinilai oleh Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL). Kemudian, proses pelelangannya dapat dilakukan di DPKAD.

Sementara itu, Dinas Tarukim Kota Pematangsiantar saat dikonfirmasi mengenai hal ini, Jumat (24/6) sekitar pukul 11.00, tidak ada yang bersedia memberikan jawaban, baik Kepala Dinas Tarukim Lukas Barus maupun pejabat terkait lainnya di Dinas Tarukim. Salah seorang pegawainya hanya menyarankan agar datang konfirmasi pada sore hari, tanpa menyebutkan waktu yang pasti. (EM)

Foto:

Potongan-potongan kayu hasil pencabangan pohon oleh Dinas Tarukim, disekitar lapangan Adam Malik, Pematangsiantar, Jumat 24/6/2016 (bataktoday/em)

  • Bagikan