Rakerda PTMBB Sumut di Hotel Sapadia Siantar

  • Bagikan

Pematangsiantar, BatakToday

Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Pengurus Parsadaan Toga Manalu Boru Bere (PTMBB) Sumatera Utara (Sumut,) dengan thema “Manalu Masa Depan untuk Masa Depan Manalu”. digelar selama dua hari, 25-26 Juni 2016, di Hotel Sapadia, Pematangsiantar.

Rakerda dibuka dengan ibadah singkat, yang dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan hening cipta yang dipimpin Ketua PTMBB Sumut, Sabam Manalu SE. Rangkaian acara pembukaan lainnya berlangsung sebagaimana lazimnya pembukaan suatu acara, Sabtu (25/6), dimulai pada pukul 17.00 WIB.

Setelah acara pembukaan, dilanjutkan dengan makan malam yang berlangsung dalam suasana penuh kekeluargaan, dimana para peserta berkesempatan untuk saling menyapa satu dengan lainnya, dan untuk menyapa peserta yang hadir belakangan.

Sidang pleno berlangsung setelahnya, dengan masing-masing mengambil tempat untuk setiap bidang pembahasan.

Amatan BatakToday, di ruang utama dari Simalungun Room, membahas tentang organisasi, Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga. Sementara di ruangan lainnya untuk membahas program kerja untuk berbagai hal yang terkait dengan segala aspek kehidupan untuk Pomparan marga Manalu.

Hampir seluruh peserta rapat terlibat dalam diskusi serius dalam pembahasan berbagai hal, sehingga di sela-sela kesibukan para peserta, BatakToday ‘hanya’ berkesempatan untuk melakukan wawancara singkat dengan Jumuntal Manalu, Ketua Steering Commite (SC) dari Rakerda ini.

Dalam keterangannya Jumuntal menyebutkan Rakerda ini yang pertama sejak Pengurus PTMBB Sumut dibentuk dan dilantik pada Januari 2016 yang lalu.

“Tujuan utama dari Rakerda ini adalah untuk mengevaluasi kinerja Pengurus PTMBB terhitung sejak dilantik hingga saat ini. Yang kedua, untuk meletakkan pondasi atau dasar-dasar berupa program PTMBB ke depan, baik program jangka panjang maupun menengah. Kemudian untuk mensahkan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) yang diharapkan ke depan akan membawa warga PTMBB  menuju Manalu yang lebih baik,” jelas Jumuntal.

Dijelaskannya lagi, bahwa perutusan yang hadir hingga malam itu, sekitar pukul 21.30 WIB, sekitar 75 orang perutusan dari 15 Pengurus Kabupaten/Kota se-Sumatera Utara. Kehadiran dan keterwakilan ini memenuhi kuorum, sehingga dapat mengambil keputusan yang sah secara organisasi.

Ditanya tentang program kerja, Jumuntal menyebutkan bahwa yang pertama adalah Pengembangan Sumber Daya Manusia Manalu.

“Di samping Pengembangan Sumber Daya Manusia Manalu, kemudian pengembangan di segala sektor yang menyangkut warga Manalu untuk maju ke depan. Riil-nya kita akan memberikan bantuan kepada warga Manalu yang kurang mampu,” ujarnya.

Disinggung tentang Generasi Muda Manalu, disebutkannya bahwa sampai saat ini baru di Kota Medan yang sudah terbentuk organisasinya, dan prospeknya sudah sangat memberi harapan ke depan.

“Untuk Generasi Muda saat ini baru terbentuk di Kota Medan, namun sangat luar biasa. Komunikasi sesame generasi muda Manalu di Kota Medan sudah sangat baik. Agenda malam ini akan membahas pembentukan organisasinya untuk tiap kabupaten/kota,” tukas Jumuntal.

Direncanakan dalam waktu dekat ini untuk melakukan penanaman pohon buah alpukat sebanyak 50 ribu batang di Kecamatan Parmonangan, Kabupaten Tapanuli Utara. Sementara program-program lain sedang disusun dalam rapat yang sedang berjalan.

Hingga berita ini sampai di meja redaksi BatakToday, rapat kerja masih berlangsung, dengan rencana hingga Minggu (26/6) dini hari. (EM/ajvg)

Foto:

Salah satu sidang pleno Rakerda PTMBB Sumut, menyangkut organisasi dan AD/ART berlangsung di Simalungun Room, Hotel Sapadia, Pematangsiantar, Sabtu 25/6/2016 (bataktoday/ajvg)

  • Bagikan