Rakerda PTMBB Digelar, Hasilkan Sejumlah Rekomendasi

  • Bagikan

Pematangsiantar, BatakToday

Ketua Parsadaan Toga Manalu Boru Bere (PTMBB) Sumatera Utara (Sumut), Sabam P Manalu, SE mengatakan, marga Manalu ke depan tidak hanya memikirkan marga Manalu saja, tetapi juga akan berguna bagi masyarakat dan pemerintah.

“Untuk visi-visi PTMBB Sumut, marga Manalu harus memikirkan marga Manalu, tetapi jangan sebatas hanya Manalu saja, namun memikirkan hal-hal yang penting yang berguna bagi masyarakat dan pemerintah seperti melalui usulan-usulan yang konkrit untuk pembangunan masyarakat dan bangsa,” ujar Sabam dalam sambutannya di Rapat Kerja Daerah (Rekerda) PTMBB Sumut yang digelar Sabtu hingga Minggu (25-26 Juni) 2016 di Hotel Sapadia Pematangsiantar.

Dikatakan, dengan adanya usulan yang konkrit dari marga Manalu kepada masyarakat dan pemerintah, diyakini marga Manalu akan bisa menjadi perhatian bagi masyarakat dan pemerintah, khususnya di Sumut. Karenannya dalam Rakerda PTMBB Sumut diharapkan salah satunya menghasilkan program- program yang berguna bagi masyarakat dan lingkungannya.

“PTMBB Sumut dalam program kerjanya di 2016/2017 dan seterusnya bukan lagi membicarakan atau mengurusi ‘paradaton’ atau ‘parjambaron’ (adat-red), tetapi tujuan konkrit membangun Masa Depan Manalu untuk Manalu Masa Depan dengan berbagai program yang akan kita laksanakan yang nantinya kita hasilkan dari Rekerda ini,” tegasnya.

Dikatakan Sabam, marga Manalu itu besar. Karenanya mari kita satukan visi-misi membangun “Manalu Masa Depan untuk Masa Depan Manalu,” karena kedepan marga Manalu  harus lebih memiliki peranan penting di negeri ini. Marga Manalu mesti ada yang menjadi pemimpin mulai dari tingkat yang terendah hingga ke tingkat yang lebih tinggi, baik di pemerintahan maupun di legislatif. Demikian juga keturunan Manalu itu tidak boleh ada yang tidak sekolah.

Karenanya, dengan jumlah populasi yang cukup besar di negeri ini, khususnya di Sumut, marga Manalu harus bersatu untuk mencapai masa depan itu.

Sabam mengutip Psalmen 133: 1-3 : “Ida ma Denggan Nai, Molo Sahundulan Akka Namarhahaanggi,……….  ala Tusi do Dipasahat Debata Akka Pasu-pasuNa.  Dan terbukti kata Sabam, setelah marga Manalu mulai bersatu melalui PTMBB sejak setahun lalu, keturunan Toga Manalu sudah ada yang menjadi pejabat termasuk kepala desa di seluruh desa Kecamatan Parmonangan Tapanuli Utara.

Sebelumnya Ketua OC Rakerda-I PTMBB Sumut Mixnon A Manalu, SIP, MPd dan Ketua SC Jamuntal Manalu, SH dalam laporannya mengatakan peserta Rakerda  terdiri dari pengurus PTMBB kabupaten/kota di Sumut, para Koordinator Wilayah  serta seluruh Pengurus PTMBB Kota Medan dan PTMBB Sumut, termasuk pengurus Gerakan Generasi Muda Manalu (GEMMA) Kota Medan. Selain itu para kepala desa dan camat dari marga Manalu serta pejabat-pejabat penting dari marga Manalu dan lainnya.

Dikatakan Jamuntal Manalu Rakerda dengan tema “Manalu Masa Depan untuk Masa Depan Manalu” itu diantaranya merancang/menyusun draft AD/RT PTMBB Sumut, mengevaluasi pelaksanaan Visi-Misi Manalu terhadap Pogram Kerja PTMBB Sumut yang merujuk pada Progam Kerja PTMBB untuk Kabupaten/Kota.

Rakerda ini juga untuk menghasilkan sejumlah rekomendasi termasuk program-program yang berguna bagi marga Manalu dan masyarakat sekitarnya.

Bupati Taput Ajak Marga Manalu Bangun Bona Pasogit

Dalam kesempatan itu mewakili undangan, Bupati Tapanuli Utara Drs Nikson Nababan yang diwakili Staf Ahli Bupati, Drs Barto Manalu berharap agar marga Manalu tetap menjalankan prinsip orang Batak “Dalihan Na Tolu”, yakni “manat mardongan tubu, elek marboru dan somba marhula-hula” (saling menjaga, menghargai dan menghormati-red).

Bupati juga mengajak marga Manalu, khususnya yang diluar Tapanuli Utara untuk bisa memberikan sumbangsih baik melalui buah pikiran dan dukungannya untuk pembangunan di Tapanuli Utara bona pasogit.

 (AFR/rel)

Foto:

Ketua PTMBB Sumut, Sabam Manalu,SE, PHD bersama Ketua PTMBB Kota Medan, Romein Manalu, ST, PHDs sat diabadikan bersama pengurus Gerakan Muda Manalu Kota Medan usai Rakerda-I PTMBB Sumut di Hotel Sapadia Pematangsiantar, Minggu 26/6/2016 (ist)

  • Bagikan