Kasus Narkoba, Oknum Polres dan PN Simalungun Divonis 2 Tahun 3 Bulan

  • Bagikan

Pematangsiantar, BatakToday

Oknum Polisi yang bertugas di Polres Simalungun, Bripka Champion Ginting bersama dengan Boby Chandra Nainggolan mantan Panitera Pengadilan Negeri (PN) Simalungun yang terlibat kasus penyalahgunaan Narkoba akhirnya ‘hanya’ divonis 2 tahun 3 bulan, lebih ringan 3 bulan dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum.

Dalam sidang dengan agenda pembacaan putusan di Pengadilan Negeri (PN) Pematangsiantar, Rabu (29/6), majelis hakim yang dipimpin Pasti Tarigan dalam amar putusannya menyatakan bahwa kedua terdakwa terbukti melanggar Pasal 127 ayat (1) huruf a Undang – Undang (UU) RI Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika, dan dijatuhi dengan hukuman penjara selama 2 tahun 3 bulan.

Hal yang memberatkan terdakwa yaitu bahwa perbuatan kedua terdakwa meresahkan masyarakat serta tidak mendukung program pemerintah dalam hal pemberantasan narkotika dan hal yang meringankan yakni kedua terdakwa bersikap sopan dalam persidangan dan merupakan tulang punggung keluarga.

Usai pembacaan amar putusan, kedua terdakwa yang didampingi penasehat hukum pun meminta waktu untuk berpikir dalam putusan hakim tersebut.

“Masih pikir-pikir dulu hasil putusan hakim tersebut ” ucap Halasson Sihombing SH, penasehat hukum kedua terdakwa.

Seperti diketahui sebelumnya, Champion Petrus Ginting dan Boby Chandra Nainggolan beserta 3 rekannya yakni Darwin Ujung, Jefry, Batara Dirgantara Nasution (berkas terpisah) diamankan oleh Polresta Siantar bersama Polsek Siantar Barat, Minggu (1/11/2015).

Kelima terdakwa diamankan polisi dari rumah Darwin Ujung di Jl.Mawar No.2-C Kel.Simarito Kec.Siantar Barat, saat mengadakan ‘pesta sabu’.

Barang bukti yang diamankan, berupa sabu-sabu seberat 97,24 gram, satu bungkus ganja, alat isap bong, mancis, gunting, pipa kaca, kamera CCTV, receiver, monitor, handphone (HP), serta uang tunai sebesar Rp 27.350.000. (EM)

Foto:

Bripka Champion Ginting dan Boby Chandra Nainggolan, dalam sidang pembacaan putusan kasus narkoba, di Pengadilan Negeri Pematangsiantar, Jalan Sudirman, Pematangsiantar, Rabu 29/6/2016 (bataktoday/em)

  • Bagikan