Kasus Alkes, Wadir RSU Kumpulan Pane Tebing Tinggi Akhirnya Ditahan

  • Bagikan

Tebing Tinggi, BatakToday

Akhirnya Polres Tebing Tinggi melimpahkan kasus Alkes RSUD dr Kumpulan Pane Tebing Tinggi ke Kejaksaan Negeri Tebing Tinggi, setelah 3 tahun kasus ini ‘mangkrak’.

Kapolres Tebingtinggi AKBP Ciceu Cahyati Dwimeilawati SH, melimpahkan kasus di RSUD dr Kumpulan Pane Tebingtinggi itu  ke pihak Kejaksaan pada hari Rabu (29/6) lalu, setelah dinyatakan lengkap (P 21).

Kajari Tebingtinggi, Fajar Rudi Manurung SH MH kepada kalangan wartawan mengatakan dan membenarkan bahwa telah menerima berkas P 21 dari kasus Alkes ini, dari pihak penyidik Polres Tebingtinggi.

Tiga tersangka yang telah ditetapkan yaitu Edi Sahputra SH selaku Wakil Direktur RSUD dr Kumpulan Pane, Rudianto ST MT selaku Ketua Panitia Pengadaan dan Ir Syawaluddin selaku Direktur PT Magnum Global Mandiri, dijebloskan sebagai titipan  ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Jalan Pusara Pejuang.

“Hari ini, ketiga tersangka langsung kita titipkan di lapas, untuk menjaga hal-hal negatif dari masyarakat. Kalau tentang belum ditetapkannya  Dr Nanang sebagai tersangka, yang menjabat Direktur RSU Dr Kumpulan Pane saat itu sebagai Kuasa Pengguna Anggaran Kasus Alkes tahun 2012, tanyakan kepada penyidik Polisi,” terangnya.

Perlu diketahui, ujar Fajar yang didampingi Kasipidsus, Edi Tarigan SH, Jaksa Hariyanto Manurung SH dan Gibert SH, dugaan potensi kerugian yang ditimbulkan dari proyek Alkes tahun Anggaran 2012 senilai Rp 1.886.021.000.

Proyek Alkes dikerjakan oleh PT Magnum Global Mandiri dengan nilai Kontrak Rp 4,9 Miliar. Dalam  tender itu,pihak PT.Magnum Global Mandiri telah menandatanggani kontrak untuk pengadaan alat kesehatan,kedokteran, dan KB sesuai perjanjian kerja no : 027/2585/RSUD TT/2012 tanggal 17 September 2012.

Diduga saat itu, panitia tender menetapkan HPS mark up, begitu juga dalam penyusunan spesifikasi teknis alat yang dilakukan PPK mengarah pada satu merek tertentu.

“Dalam waktu dekat, kasus Alat Kesehatan ini akan kita limpahkan ke meja hijau untuk disidangkan sesuai undang-undang yang berlaku.” ujar Manurung.

Ketika BatakToday mendatangi bagian manajemen RSUD dr Kumpulan Pane, Kamis (30/6), tak satupun staf pun yang bersedia memberikan komentar. (iss)

Foto:

Wakil Direktur RSUD dr Kumpulan Pane,  Edi Sahputra SH, satu dari tiga tersangka dalam Kasus Alkes, dititipkan sebagai tahanan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Jalan Pusara Pejuang, Tebing Tinggi, Rabu 29/6/2016 (bataktoday/iss)

  • Bagikan