Bupati Asahan Larang PNS Gunakan Mobil Dinas untuk Mudik Lebaran

  • Bagikan

Kisaran, BatakToday –

Bupati Asahan Taufan Gama Simatupang mengeluarkan kebijakan melarang Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Asahan menggunakan mobil dinas untuk mudik Lebaran. Larangan ini diterapkan untuk mencegah penyalahgunaan mobil dinas risiko rusak kalau dipakai untuk pulang kampung.

Hal itu diungkapkan Kepala Bagian Humas Setdakab Asahan, Ajim Manik, Jumat (1/7/016) di Kantor Bupati Asahan, seperti dilansir dari laman resmi Pemerintah Kabupaten Asahan (www.asahankab.go.id).

Dikatakannya, Bupati melalui suratnya nomor 100/3264 tertanggal 29 Juni 2016, meminta seluruh Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Kabupaten Asahan untuk tidak menggunakan mobil dinas sebagai keperluan mudik lebaran di luar kota, baik antar kabupaten ataupun provinsi.

“Bupati telah menghimbau melalui suratnya. Maka itu diharapkan PNS yang memiliki mobil plat merah dapat menurutinya,” ujar Ajim.

Kebijakan tersebut, imbuh Ajim, merupakan tindak lanjut Keputusan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi yang kemudian diturunkan kepada seluruh kabupaten/kota. Menurutnyam bila PNS tidak menaatinya akan dikenakan sanksi teguran.

“Larangan menggunakan mobil dinas tersebut dimulai dari cuti bersama,” katanya.

Namun, kata Kabag Humas, ada sejumlah mobil dinas yang diperbolehkan beroperasi selama cuti bersama. Diantaranya mobil dinas yang melayani masyarakat, seperti mobil pemadam kebakaran (damkar), ambulans, dan mobil pengakut sampah. (rel/ajvg)

  • Bagikan