Menkum HAM : Media Pilar Keempat Dalam Demokrasi, Apresiasi Keberadaan Media Online

  • Bagikan

Medan, BatakToday

Menkum HAM Yasonna Hamonangan Laoly mengatakan, media massa merupakan pilar keempat dalam demokrasi, setelah eksekutif, legislatif dan yudikatif.

“Di negara maju, media mendapat tempat dalam berbagai bidang. Karena mampu membentuk opini yang baik atau sebaliknya, opini buruk,” sebut Yasonna dalam acara silaturahmi sekaligus berbuka puasa bersama dengan organisasi pers dan wartawan media cetak, elektronik televisi, radio dan media online di rumah dinas Gubernur Sumut (Gubernuran), Jl Sudirman Medan, Minggu (3/7/2017).

Dalam kesempatan itu, Yasonna juga mengajak media massa di Sumut mensosialisasikan Tax Amnesty (pengampunan pajak) yang kini telah disahkan.

“Untuk membangun Indonesia yang kuat, investor lokal kita dorong untuk berinvestasi di dalam negeri. Dengan begitu, perekonomian akan tumbuh subur,” ujar Yasonna.

Secara khusus, Yasonna Laoly memberikan apresiasi kepada media online karena mampu menyajikan informasi secara cepat dan dapat diakses dengan mudah.

“Tetapi ada media yang mencemaskan saat ini. Media Sosial atau sebut disebut Medsos. Ini perlu mendapat perhatian kita bersama, karena tidak mengikuti Kaidah Jurnalistik,” sebut Yasonna.

Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Tengku Erry Nuradi juga menyatakan apresiasi atas peran media massa yang terlibat aktif dalam mendorong roda pembangunan di Sumut.

Hadir dalam acara tersebut, Kapolda Sumut Irjen Pol Raden Budi Winarso, Plh Kepala Dinas Kominfo Sumut M Ayub, Ketua Serikat Penerbit Suratkabar (SPS) Sumut Parianda Putra Sinik, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumut Hermansyah, Ketua Dewan Pembina Aliansi Media Cyber Indonesia (AMCI) Sumut Fachruddin Pohan, Forum Pemred dan ratusan wartawan.

Dalam kesempatan itu, Erry mengatakan, selain sebagai kontrol sosial, media massa di Sumut banyak memberikan kontribusi, sumbang saran, ide dan gagasan kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) dalam membangun Sumut ke arah yang lebih baik.

“Ini bentuk sinergitas antara media dengan Pemerintah Provinsi. Saya berharap, sinergitas selama ini terus kita tingkatkan dalam upaya membangun opini positif,” sebut Erry.

Sementara Ketua SPS Sumut Parianda Putra Sinik mengatakan, media massa siap bersinergi dengan Pemprov Sumut dalam berbagai bidang, tanpa melupakan peran media sebagai sarana informasi bagi khalayak ramai.

“Kalau selama ini peristiwa yang buruk itu menjadi berita yang baik. Ke depan kita balik, kita tulis peristiwa yang baik itu besar-besar agar masyarakat tahu,” sebut Parianda.

Dalam acara tersebut, Ketua Dewan Pers Sumut Roni Simon menyerahkan buku berjudul “Pers Hukum dan Hak Azasi Manusia” kepada Gubernur Sumut.

Usai berbuka puasa, Gubernur Sumut dan wartawan sholat maghrib berjamaah, kemudian makan malam bersama. (AFR)

Foto:

Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi saat menyerahkan bingkisan Idul Fitri kepada perwakilan media, rumah dinas Gubernur Sumut (Gubernuran), Jl Sudirman Medan, Minggu 3/7/2017 (bataktoday/afr)

  • Bagikan