Pawai 10.000 Obor Meriahkan Malam Takbir di Pematangsiantar

  • Bagikan

Pematangsiantar, BatakToday

Untuk pertama kalinya kota Pematangsiantar menggelar Pawai 10.000 Obor, dalam rangka malam takbiran menyambut Hari Raya Idul Fitri 1437 H.

Pawai yang dilepas Penjabat (Pj) Walikota, Drs.Jumsadi Damanik,SH,M.Hum ini diawali dengan penyalaan api obor oleh Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Pematangsiantar, Drs.M.Ali Lubis kepada Pj Walikota. Selanjutnya kepada para unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) lainnya, pada Selasa malam (5/6) pukul 20.00 WIB di Jalan Merdeka, depan Balai Kota.

Dalam relis yang dikirimkan Humas Pemko Pematangsiantar disebutkan, sebelum melepas dan turut serta berjalan kaki bersama ribuan umat, Pj Walikota mengajak seluruh warga Kota Pematangsiantar, untuk merayakan hari kemenangan dari Allah SWT dengan penuh sukacita dan kedamaian. Dengan kemenangan melalui puasa selama sebulan, Pj Walikota juga mengajak seluruh masyarakat menjadi umat yang semakin meningkatkan keberimanan dan ketaqwaannya kepada Allah SWT.

“Kita telah berpuasa selama 30 hari dan malam ini kita merayakan hari kemenangan. Mari seluruhnya kita kumandangkan Allahu Akbar… Allahu Akbar pertanda kemenangan kita yang dari Allah SWT. Mari kita tingkatkan ketaqwaan dan keimanan kita kepada Allah,” katanya seraya mengangkat bendera pertanda Pawai 10.000 Obor dimulai.

Bersamaan dengan itu, Pj Walikota didampingi Kapolres AKBP Dodi DarjantoSIk,MTTA, Dandim 0207/Sml Letkol Oni Kristyono Goendong SH, Ketua Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Drs.Natsir Armaya Siregar, Ketua MUI M.Ali Lubis, Kepala Kantor Kementerian Agama H.Abdurahman Harahap MA, serta para pimpinan SKPD lainnya berbaur bersama ribuan umat yang turut ambil bagian dalam Pawai Obor tersebut.

Pawai yang mengitari inti kota Jalan Merdeka dan Jalan Sutomo ini mendapat pengawalan ketat aparat Polres Pematangsiantar. Di depan peserta Pawai Obor dipandu mobil vooreders Polres yang disusul barisan Pj Walikota dan Forkopimda. Dibelakangnya ada mobil khusus pengeras suara pengumandang takbir yang disusul pasukan TNI/Polri dan Pramuka.

Selanjutnya adalah barisan masing-masing kontingen kecamatan, mahasiswa, para organisasi Islam, Perusahaan Daerah/BUMD, serta masyarakat umum bahkan anak-anak. Semuanya bergembira sembari berjalan memegang obor yang menyala sepanjang perjalanan. Tak mau ketinggalan, masyarakat yang selama ini sudah terbiasa dengan pawai kendaraan pun tetap turut ambil bagian di barisan belakang. (rel)

Foto:

Pawai 10000 obor, dalam rangka malam takbiran menyambut Hari Raya Idul Fitri 1437 H, mengitari inti kota Jalan Merdeka dan Jalan Sutomo, Pematangsiantar, Rabu 5/7/2016 (ist)

  • Bagikan