Syekh Sabban Rajagukguk: “Jangan Jadikan Agama Sebagai Ajang Politik”

  • Bagikan

Pematangsiantar, BatakToday

Pelaksanaan Sholat Id menyambut Idul Fitri 1 Syawal 1437 H di Kota Pematangsiantar berlangsung hikmad, Rabu pagi (6/6).

Sejak pukul 06.30 WIB, ribuan umat Islam yang malamnya juga turut Pawai Takbir 10.000 Obor, tampak mendatangi lokasi-lokasi Sholat Id yang sudah ditentukan oleh Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kota Pematangsiantar. Sedangkan pelaksanaan sholat Id berlangsung mulai sekitar pukul 07.15 WIB.

Dalam relis yang diterima BatakToday dari Humas Pemko Siantar disebutkan, Penjabat Walikota, Drs.Jumsadi Damanik,SH,M.Hum bersama keluarga mengikuti Sholat Id di Lapangan Adam Malik. Di lokasi yang terletak di inti kota ini, juga tampak hadir Kapolres AKBP Dodi Dardjanto,S.IK,MTTA serta unsur Forkopimda lainnya bersama para pejabat TNI/Polri,BUMN,BUMD dan Pimpinan SKPD Pemko Pematangsiantar.

Juga tampak hadir para pengurus Majelis Ulama Indonesia (MUI), Panitia Hari Besar Islam (PHBI), Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) serta ormas Islam lainnya. Mereka dengan khusukdan hikmad berbaur dengan ribuan umat Islam lainnya mendengarkan dakwah yang disampaikan Syekh DR.Ahmad Sabban Al RahmaniyRajagukguk MA.

Di tengah cuaca pagi yang sejuk, Tuan Guru Serambi Babussalam Simalungun ini mengajak seluruh umat Islam untuk semakin meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT. Secara khusus, Syekh Sabban Rajagukguk ini juga menyoroti dan mengingatkan agar agama jangan dijadikan sebagai ajang politik.

“Jangan jadikan agama sebagai ajang untuk berpolitik. Jadikanlah ajaran Islam Itu sebagai sarana untuk membuat segala sesuatunya menjadi lebih baik dan berguna bagi sesama umat,” kata Komisi Dakwah MUI Sumatera Utara dan Dosen Universitas Islam Negeri Sumatera Utara ini.

Usai sholat, Ketua PHBI, Drs.H.Natsir Armaya Siregar melaporkan, bahwa pelaksanaan sholat Id dalam rangka Hari Raya Idul Fitri 1437 di Kota Pematangsiantar memakai 15 Lapangan ditambah 70 masjid. Laporan keuangan PHBI per tanggal 5 Juli 2016, dilaporkan, penerimaan yang merupakan saldo kas per tanggal 23 September 2015 ditambah Infaq Sholat Idul Adha 1436 H seluruhnya sebesar Rp 70.554.898, pengeluaran sebesar Rp 53.500.000, sehingga saat ini memiliki saldo sebesarRp 17.054.898.

Delapan lokasi sholat yang paling banyak dikunjungi jemaah dengan masing-masing Imam/Khatib antara lain: Lapangan H.Adam Malik, Syekh DR.Ahmad Sabban Rajagukguk (Siantar Barat), Lapangan Rindam I/BB, Drs.Mustafa Kamal Siregar dan Lapangan Bola Universitas Simalungun, Rafdinal, S.Sos (Siantar Sitalasari), Lapangan SMA Negeri 4 Jalan Pattimura, Khairul Erwin Hutasuhut MA dan Lapangan  Brimob Jalan Ahmad Yani M.Zein, M.Pdi (Siantar Timur), MTs Khairul Islamiyah, Ahmad Fitrianto MA dan Masjid Al-Hidayah H.Abdul Rahim SH (Siantar Marihat), serta Lapangan Tanjung Pinggir (Siantar Martoba).  (rel).

a

Foto:

Suasana Sholat Id untuk menyambut Idul Fitri 1437 H, di Lapangan H Adam Malik, Pematangsiantar, Rabu 6/7/2016 (ist)

  • Bagikan