Pasar Aksara Terbakar, Pedagang Butuh Tempat Penampungan Sementara

  • Bagikan

.

Medan, BatakToday –

Kebakaran yang melanda pasar Aksara Medan, Selasa (12/7/2016) menambah beban berat para pedagang di tengah sulitnya ekonomi. Kini, selain barang dagangan para pedagang hangus terbakar, dipastikan mereka tidak bisa lagi berjualan di tempat semula.

Ribuan pedagang diperkirakan menggantungkan hidupnya di kawasan pasar tersebut. Seperti yang disampaikan Dirut PD Pasar Benny Sihotang didampingi Dirbang dan SDM Osman Manalu, lantai 1 dan 2 yang dikelola pihaknya di gedung Pasar Aksara dihuni 780 pedagang dan lantai 3 hingga 6 dikelola pihak swasta.

Dikatakan Benny, PD Pasar tidak serta merta bisa melakukan perbaikan gedung tersebut. Selain karena status sengketa, ada hal lain yang akan menjadi tantangan untuk membangun pasar tersebut.

“Selain karena dalam sengketa, tidak mudah menyatukan pemikiran dengan pedagang. Karena rehab gedung harus menggunakan dana pedagang, sementara pedagang sedang terpuruk,” kata Benny di lokasi kebakaran, Selasa (12/7/2016) malam.

Bahkan, imbuh Benny, nantinya saat pergantian jajaran direksi yang baru akan menghadapi tantangan tersebut. Untuk itu, mau tidak mau harus dipikirkan tempat relokasi bagi pedagang untuk sementara.

Sementara pemadam terus berupaya memadamkan api. Tapi usaha tersebut seolah percuma sebab api akhirnya merembes hingga ke Buana Plaza. Hingga berita ini, api terus membara. (AFR)

  • Bagikan