Enam Saksi Terkait Kebakaran Pasar Aksara Diperiksa

  • Bagikan

Medan, BatakToday

Pihak kepolisian mengusut kasus kebakaran Pasar Aksara yang terjadi Selasa (12/7/2016). Sedikitnya 6 saksi diperiksa terkait kasus ini. Keenam saksi yang diperiksa adalah petugas security gedung tersebut.

“Ada enam saksi diperiksa di Polresta Medan,” kata Kapolsek Percut Sei Tuan, Kompol Lesman Zendrato, Rabu (13/7/2016).

Dirinya belum dapat menyimpulkan apa yang menjadi penyebab kebakaran itu. Hal ini dikarenakan masih harus menunggu hasil olah tempat kejadian perkara (TKP) yang dilakukan tim dari Laboratorium Forensik.

“Untuk pemasangan garis polisi dan pemagaran seng dilakukan untuk pengamanan, agar masyarakat tidak dapat masuk. Status quo,” sebut Lesman.

Pihaknya akan terus melakukan penjagaan, dibantu personel Polresta Medan dan Brimob Polda Sumut.

“Kita melakukan pengamanan hingga situasinya kondusif,” ucapnya.

Khusus untuk melayani pedagang, mereka sudah menyiapkan posko menampung aspirasi. Namun, baru seorang perwakilan dari sejumlah pedagang emas yang mengutarakan permintaannya ke sana.

“Baru satu, dia minta agar dapat mengambil brankas milik mereka yang tertinggal di dalam. Tapi kami tidak bisa izinkan, sampai proses penyelidikan selesai,” jelas Lesman.

Dirinya menjamin barang berharga milik pedagang yang tersisa tidak akan hilang.

“Kami imbau pedagang jangan khawatir,” sebut Lesman.

Namun, pedagang tidak begitu saja menerima penjelasan polisi. Mereka bersikeras dan sempat berdebat dengan Kapolsek Percut Sei Tuan Lesman Zendrato agar Pasar Aksara tidak ikut dipagari dengan seng. Alasannya mereka masih harus mengambil barang berharganya di dalam gedung.

“Ada brankas isinya 7 kg emas uang Rp 350 juta di sana,” ucap seorang pedagang.

Terkait relokasi sementara pedagang, Direktur Utama PD Pasar Benny Sihotang mengatakan, masih mencari lokasi yang layak.

“Kami sedang menunggu  kepolisian dan tenaga ahli, apakah halaman Pasar Aksara itu aman untuk relokasi sementara. Kami juga koordinasi dengan pemilik sebagian lahan ini,” jelasnya.

Khusus lantai 1 dan 2 di Pasar Aksara yang di bawah naungan PD Pasar Kota Medan, terdapat 780 kios dan stan.

“Pedagang yang aktif tercatat 738 orang. Itu hanya di pasar yang kita kelola,” jelas Benny.(afr)

Foto:

Pasar Aksara yang terbakar Selasa (12/7), Medan 13/7/2016 (ist)

  • Bagikan