Komisi II DPR RI akan Bentuk Tim Pengawas Pilkada Siantar

  • Bagikan

.

Medan, BatakToday –

Polemik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang berlangsung di Pematangsiantar Sumatera Utara menarik perhatian anggota DPR RI Fraksi NasDem, Muchtar Luthfi Andi  Mutty.  Seperti diketahui, Pilkada Pematangsiantar hingga kini belum bisa dilaksanakan karena masih adanya gugatan pasangan calon yang dicoret dari bursa pemilihan.  Kasusnya sendiri hingga kini tidak kunjung selesai di pengadilan.

“Komisi II DPR RI akan membentuk Tim Pengawas yang akan turun ke lapangan untuk melihat daerah-daerah yang memiliki permasalahan dalam pilkada, salah satunya yang terjadi di Pematangsiantar. Tim akan mulai dibicarakan pada hari Senin pekan depan,” ujar Luthfi, anggota Komisi 2 DPR RI dalam siaran pers yang diterima BatakToday, Rabu (13/7/2016) malam.

“Dengan adanya berbagai permasalahan yang ada, seperti di Pematangsiantar itu, DPR meminta tidak ada yang mengintervensi KPU Pusat maupun KPUD Siantar, terkait kelanjutan proses hukum pilkada Pematangsiantar yang masih berlanjut,” tambah Luthfi.

Sementara sikap Partai NasDem dalam menyikapi persoalan tersebut seperti diungkapkan Martin Manurung, lebih ingin persoalan hukum-nya harus diselesaikan terlebih dahulu.

“Partai NasDem menunggu proses hukum pilkada Siantar inkracht baru digelar pelaksaan pilkadanya, agar tidak ada permasalahan di kemudian hari,” tegas Martin, Ketua DPP Partai NasDem.(rel/afr)

Foto: Anggota DPR RI, Muchtar Luthfi Andi  Mutty. (nasional.kompas.com)

  • Bagikan