Patung Kuda di Kantor Bupati Humbahas Dibangun Mendahului Kontrak?

  • Bagikan

.

Humbahas, BatakToday –

Proyek pembangunan patung kuda di depan kantor Bupati Humbahas mengundang tanya. Pasalnya, pelaksanaan proyek yang bernilai Rp 134 juta dari APBD Kabupaten Humbahas tahun anggaran 2016 itu diduga dikerjakan mendahului kontrak pengadaan barang.

“Bayangkan saja, proyek itu sudah hampir selesai, padahal pengumumannya tanggal 28 Juni lalu di portal LPSE. Berarti tanggal berapa dikerjakan proyek itu, sementara sekarang tanggal 15 Juli. Berarti selama 16 hari kerja sejak diumumkan, sudah berdiri kuda dan pondasinya. Gawat, berarti pengumuman yang dilakukan itu tidak ada artinya dan ini diduga sarat KKN,” ujar Freddy Hutasoit, Ketua I LSM Masyarakat Pemerhati Pelaku Korupsi Kolusi Nepotisme (MPPK2N) se Tapanuli kepada BatakToday, Jumat (15/7/2016).

Freddy menilai, proses pembangunan patung kuda tersebut sarat KKN karena dilaksanakan tidak sesuai aturan.

“Ini jelas menabrak Peraturan Presiden nomor 4 tahun 2015 tentang perubahaan keempat atas Peraturan Presiden nomor 54 tahun 2010 tentang pengadaan barang dan jasa pemerintah,” katanya.

Aktivis anti korupsi ini meminta aparat kepolisian dan kejaksaan untuk tidak pura-pura buta atas dugaan kecurangan dalam proses pengadaan patung tersebut.

“Kita minta ini diusut. Kita bukannya menghambat pembangunan, tetapi kita ingin kejujuran untuk menjalankan setiap anggaran,” tegasnya.

Sementara itu, Asisten III Setdakab Humbahas, Edy Sinaga, saat dikonfirmasi menolak menanggapi kejanggalan dalam proses pembangunan patung kuda tersebut.

“Itu hal yang teknis, Kepala Bagian Umum yang mengetahui secara teknis tentang realisasi dana tersebut. Sebab yang bersangkutan Kuasa Pengguna Anggaran (KPA). Kita hanya sebatas menerima Laporan saja,“ kilah Edy yang juga menjabat sebagai Plt Inspektur Kabupaten Humbahas itu.

Pantauan BatakToday, di papan pengumuman, proyek pembangunan patung kuda ini dikerjakan oleh CV Sipalakki dengan kontrak nomor 06/Umum/SPK/APBD/VI/2016 tanggal 28 Juni 2016. Fisik bangunan bangunan patung terlihat hampir rampung. Tampak, pondasi gapuranya sudah selesai bersama patung kudanya. Sayangnya, dalam papan pengumuman pembuatan patung kuda itu tidak disebutkan masa hari kerja penyelesaiannya. (FT)

Foto: Pembangunan patung kuda di depan Kantor Bupati Humbahas yang diduga dilaksanakan mendahului kontrak. Foto diambil Jumat (15/7/2016). (bataktoday/afr)

  • Bagikan