Hari Pertama Sekolah, Orangtua Diimbau Antarkan Anak

  • Bagikan

.

Pematangsiantar, BatakToday –

Menindaklanjuti  Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 4 tahun 2016 tentang Hari Pertama Sekolah, Penjabat Walikota Pematangsiantar Jumsadi Damanik meminta masyarakat, karyawan instansi pemerintah maupun swasta agar mengantarkan anaknya masing-masing pada hari pertama sekolah.

“Saya minta kepada seluruh orangtua siswa, tanpa terkecuali, khususnya bagi yang memiliki anak yang baru duduk di kelas awal (TK/SD/SMP/SMA/SMK) untuk mengantarkannya ke sekolah masing-masing. Tak hanya instansi pemerintah atau BUMN/BUMD, kepada perusahaan-perusahaan swasta lainnya, juga saya mohonkan agar diberikan kesempatan (dispensasi waktu) kepada karyawannya untuk mengantarkan anaknya ke sekolah pada hari pertama masuk sekolah,” ujar Jumsadi di rumah dinas walikota Jalan Kapten MH Sitorus, Sabtu (16/7/2016) pagi.

Menurut Pj Walikota, hari pertama sekolah akan memberikan kesempatan kepada orangtua siswa berinteraksi dengan pihak sekolah untuk menjalin komitmen bersama dalam mengawal pendidikan anak dalam setahun ke depan.

“Dengan demikian ada peningkatan kepedulian dan keterlibatan masyarakat sekaligus bentuk tanggungjawab sosial kita dalam penumbuhan karakter siswa selama penyelenggaraan pendidikan di sekolah,” katanya.

Pada bagian lain, Pj Walikota juga mengingatkan kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) maupun Tenaga Harian Lepas (THL) di lingkungan Pemerintah Kota Pematangsiantar yang tidak lagi memiliki anak yang bersekolah, jangan menjadikan alasan tersebut untuk tidak masuk kerja.

“Kepada pegawai yang tidak ada anaknya di kelas awal, jangan pula mencari kesempatan untuk tidak bekerja. Saya tegaskan, di luar ketentuan tersebut, pegawai yang lainnya agar tetap bekerja seperti biasa,” tegasnya.

Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 4 tahun 2016 antaralain menyebutkan, untuk  mendorong  tumbuhnya   iklim pembelajaran   yang lebih positif  dan menyenangkan, Kementerian  Pendidikan  dan Kebudayaan  memandang  perlu  melakukan  kampanye  Hari Pertama Sekolah yang mengajak  orangtua  mengantarkan   anaknya  di hari pertama.

Untuk meningkatkan   capaian kampanye  Hari Pertama  Sekolah kepada publik  luas di seluruh  daerah, Mendikbud mengimbau seluruh kepala daerah untuk  turut   mendukung  penyebaran pesan Hari Pertama Sekolah, diantaranya dengan mendorong   aparatur   sipil  daerah  untuk mengantarkan   anak  ke sekolah  di  hari  pertama  dan  memberikan dispensasi dapat memulai  kerja sesudah mengantarkan   anaknya ke sekolah, mendukung   sekolah dalam menyambut   siswa baru dan berinteraksi   dengan orangtua, menyampaikan   pesan kepada  instansi  swasta  di daerah  agar memberi   dispensasi bagi karyawan  untuk  dapat memulai  kerja sesudah mengantarkan   anaknya  ke sekolah  di hari pertarna, dan menggunakan   berbagai  kanal komunikasi   di daerah  untuk  menyebarkan   pesan Hari Pertama  Sekolah kepada publik luas.

Sebagaimana diketahui, Kamis 28 Juli 2016 menjadi hari pertama sekolah tahun ajaran 2016-2017 bagi sekolah-sekolah negeri di Kota Pematangsiantar. Sedang untuk sekolah swasta diberi tenggang antara 18 hingga 25 Juli 2016. (ajvg/rel)

Foto: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Anies Baswedan. (edukasi.kompas.com)

  • Bagikan