RS Vita Insani Akhirnya Serahkan Bayi “Telantar” ke Dinas Sosial

  • Bagikan

Pematangsiantar, BatakToday

Bayi laki-laki yang ditinggalkan orangtuanya di RS Vita Insani Pematangsiantar, tiga hari seusai persalinan, akhirnya diserahkan pihak rumah sakit kepada Dinas Sosial dan Ketenagakerjaan (Dissosnaker) Kota Pematangsiantar. Demikian disampaikan Sekretaris Dissosnaker Siantar, Yusmar Saragih, Senin (18/7).

“Tadi siang proses serah terima si bayi  dilakukan, dari RS Vita Insani kepada Dissosnaker,  sesuai dengan mekanisme yang berlaku,” kata Yusmar, saat dihubungi BatakToday, Senin, (18/7), sekitar pukul 16.00.

Baca juga: Tiga Hari Usai Persalinan, Ibu Telantarkan Bayinya di RS Vita Insani

Yusmar menjelaskan, usai proses serah terima, bayi laki-laki tersebut kini menjadi tanggungjawab Dissosnaker sepenuhnya. Pihak

Disosnaker akan menunggu arahan dari pihak kepolisian yang akan melakukan penyelidikan untuk mencari ibu si bayi laki-laki  dalam waktu 3 (tiga) bulan ini.

Dia mengungkapkan, setelah tiga bulan, jika tidak ada hasil pencarian, Dissosnker akan masuk ke tahapan berikutnya dengan mencari orang tua asuh untuk mengadopsi si bayi laki-laki sesuai dengan prosedur hukum.

Tidak lupa, Yusmar juga menghimbau, kepada ibu si bayi maupun keluarganya supaya menunjukkan itikad baik untuk menjemput si bayi yang sementara ini dirawat oleh Dissosnaker Kota Pematangsiantar.

“Ini masalah sosial, makanya kita (Dissosnaker) berharap, ibu si bayi maupun keluarganya segera menjemput si bayi,” ujarnya. (EM)

Foto:

Bayi yang ditelantarkan ibunya tiga hari seusai persalinan, dalam gendongan perawat RS Vita Insani, ketika pihak rumah sakit melapor ke Mapolresta Siantar, Selasa 12/7/2016 (bataktoday/doc)

  • Bagikan