Seminar PTMMB Rekomendasikan Panduan Pelaksanaan Acara Adat

  • Bagikan

Sibolangit, BatakToday

Pelaksanaan Seminar Adat yang digelar Parsadaan Toga Manalu Boru Bere (PTMBB) Kota Medan Sekitarnya, Sabtu hingga Minggu (16-17/7/2016), di Wisma GBKP Suka Makmur Sibolangit, Deli Sedang, berlangsung sukses.

Ratusan peserta yang mewakili 27 Sektor PTMBB Medan Sekitarnya, antusias mengikuti seminar yang digelar selama dua hari tersebut. Masing-masing peserta juga sangat serius dalam menanggapi nara sumber dan memberi masukan, bagaimana penyelenggaraan adat dari Manalu yang akan dilaksanakan ke depan di kota Medan sekitarnya.

Seminar adat yang dilaksanakan meliputi 2 bidang adat, yakni adat suka cita dan adat duka cita. Dengan notulen Jamuntal Manalu,SH dan Sihar Manalu,SE, di hari pertama (Sabtu 16 Juli) dilaksanakan seminar sekaligus pemufakatan adat suka cita dan dan dilanjutkan hari kedua (Minggu 17 Juli) seminar dan kesepakatan adat dukacita, setelah sebelumnya dilaksanakan kebaktian bersama dipimpin  Samuel Manalu.

Usai pelaksanaan seminar adat suka cita, malam harinya digelar simulasi, yakni bagaimana mempersiapkan “jambar” hingga pemberiannya bagi siapa. Persiapan/pembagian/cara memotong “jambar” ini dikoordinir Ketua Seksi Adat PTMBB Kota Medan, St.T. Manalu, Ketua Harian, RL Manalu dan Ketua Umum PTMBB Sumut, Sabam Parulian Manalu, SE, dan pemotongannya dipraktekkan oleh boru/hela/bere dan marga Manalu.

Setelah simulasi, kebersamaan sesama keluarga besar marga Manalu dan boru/hela pun semakin mantap. Seluruh peserta disuguhi  hiburan malam yang dikoordinir Amani Reli Manalu dan St Martin Manalu, bahkan Ketua Umum PTMBB Sumut Sabam Panulian Manalu, Sekretris Jonifta Manalu, Bendahara JBT Manalu, Ketua PTMBB Medan Romein Manalu, Sekretaris Edy Manalu, Ketua Harian RL Manalu dan pengurus lainnya menyumbangkan  lagu serta  berjoget ria untuk menghibur.

Tak ada sekat dalam acara itu, para pengurus dan anggota Sektor PTMBB pun  bernyanyi, termasuk para  generasi muda Manalu yang dimotori Rudyanto Manalu, Bernata Manalu, Kevin Samuel Manalu, Christopel Alibio Manalu , Mamet Manalu, Putra Manalu, Mitha Manalu, Duma Artha Uli Manalu, Tika Manalu  dan lainnya.

Bahkan paniaran (istri marga Manalu,-red.)  tak ketinggalan dalam menyumbangkan  suaranya yang dimotori Ny Edy Manalu boru Siahaan dan Ny Jauli Manalu boru Sinaga. Suasana pun tampak ceria hingga jam malam menunjukkan pukul 01.00 WIB.

Sebelumnya, Ketua PTMBB Kota Medan Sekitarnya, Romein Manalu, ST, PHDs,  melalui Ketua Panitia Seminar, RL Manalu serta Ketua Bidang Komunikasi Drs Maju Manalu, PHDs mengatakan, salah satu tujuan  seminar ini untuk menyatukan persepsi seluruh keturunan marga Manalu yang ada di kota Medan dalam melaksanakan adat Batak.

Dikatakan, Marga Manalu di kota Medan sekitarnya menginginkan ada satu  konsep pelaksanaan adat Batak bagi marga Manalu, baik dalam hal adat suka cita maupun duka cita.

Usai seminar, acara seminar adat yang telah disepakati  marga Manalu,  kesimpulannya akan dibukukan, hingga menjadi panduan bagi keluarga besar marga Manalu dalam melaksanakan adat di kota Medan sekitarnya. Buku panduan pun dalam waktu dekat akan dibagikan kepada seluruh ketua sektor PTMBB Medan Sekitarnya. (AFR/rel)

Foto:

Panitia Seminar Adat PTMBB Kota Medan, St Martin Manalu (pegang mic), saat menyampaikan paparannya. Tampak mulai dari kiri, RL Manalu, Romein Manalu, St Martin Manalu, St.T.Manalu, Sabam P Manalu, Jamuntal Manalu dan Sihar Manalu.(bataktoday/ist)

  • Bagikan