Nikson Nababan: 46 Persen APBD Taput untuk Sektor Pendidikan

  • Bagikan

.

Taput, BatakToday –

Revolusi mental merupakan visi yang harus dilakukan di dunia pendidikan. Karakter dan mental anak didik harus dibentuk sejak dini melalui pendidikan, baik di lingkungan keluarga, masyarakat, dan sekolah. Untuk itu para guru harus memperlakukan anak didik seperti anak sendiri, sehingga revolusi mental menghasilkan generasi penerus yang berkarakter.

Demikian diungkapkan Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan pada temu pendidikan yang dipusatkan di lapangan SMP Negeri 2 Kecamatan Adiankoting, yang dihadiri seluruh guru dan kepala sekolah se Kecamatan Adiankoting, kepala desa dan perangkat desa, Selasa (19/7/2016).

“Menjiwai tugas yang harus diemban guru merupakan kunci keberhasilan revolusi mental ini. Para orangtua dan guru harus bergandengan tangan dalam menghantar Tapanuli Utara menjadi lumbung SDM yang berkualitas,” ujar Bupati.

Bupati Nikson menjelaskan, guna menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas, cerdas dan intelek, Pemkab Taput telah mengalokasikan anggaran untuk sektor pendidikan  sebesar 40-46 persen dari total APBD Kabupaten Taput.

“Kita telah programkan pendidikan gratis mulai dari PAUD hingga tingkat SMA/SMK, adanya sekolah unggulan mulai jenjang SD sampai SMA/SMK pada setiap kecamatan, pemberian insentif bagi seluruh guru, pemberian insentif khusus bagi tenaga pendidik yang mengabdi di daerah terpencil dan sangat terpencil, peningkatan kualifikasi guru ke jenjang S1 dengan memberikan biaya perkuliahan, beasiswa, pengadaan bus sekolah bagi sekolah yang jarak tempuh jalan kaki sangat jauh, pembangunan unit sekolah baru, perbaikan prasarana gedung sekolah yang rusak, alat peraga dan alat praktek sekolah,” papar Nikson.

Dalam kesempatan itu, Bupati Taput menyerahkan bantuan bibit pohon berbuah, bibit ikan dan alat-alat olahraga yang diserahkan secara simbolis.

Foto: Siswa-siswi sekolah menyambut Bupati Taput Nikson Nababan dengan tortor pada temu pendidikan di lapangan SMP Negeri 2 Kecamatan Adiankoting, Selasa (19/7/2016). (ist)

  • Bagikan