Kennedy: Komisi II Tolak Kenaikan Tarif PD Pasar Horas Jaya

  • Bagikan

Pematangsiantar, BatakToday

Anggota Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Pematangsiantar, Kennedy Parapat mengatakan, sesuai dengan hasil Rapat Kerja Komisi II atas tuntutan pedagang untuk penolakan kenaikan tarif pelayanan pada Perusahaan Daerah Pasar Horas Jaya (PD PHJ), akhirnya merekomendasikan  penolakan kenaikan tarif tersebut.

“Metode kerja untuk penolakan kenaikan tarif pelayanan, kita dari Komisi II lakukan dengan analisa dan data yang kuat,” kata Kennedy, kepada wartawan, Rabu (20/7) di ruang kerjanya.

Politisi Hanura ini menjelaskan, yang menjadi dasar penolakan Komisi II adalah terkait rekomendasi  Badan Pengawas PD PHJ, bahwa kenaikan tarif pelayanan disetujui dengan catatan kenaikan tarif dilakukan secara bertahap hingga mencapai kenaikan 200 persen, tertanggal 19 Januari 2016.

Kemudian, lanjut Kennedy, sosialisasi kenaikan tarif yang dilakukan PD PHJ, hanya dilakukan sebanyak dua kali, dengan mengundang pedagang dan yang hadir hanya sebanyak 160 orang, sementara jumlah pedagang lebih dari 5000 orang.

Dia mengungkapkan, selama bekerja menganilisis kenaikan tarif retribusi, Komisi II juga sudah berkonsultasi dengan Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) Cabang Kota Pematangsiantar.

Penolakan kenaikan tarif ini juga dikuatkan dengan hasil konsultasi Komisi II ke Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia, yang menyatakan, bahwa SK Walikota Pematangsiantar Nomor: 900/344/IV/WK-Tahun 2016 tertanggal 13 April 2016 tentang tarif pelayanan pada PD PHJ, tidak sesuai dengan Peraturan Pemerintah No. 49 Tahun 2008, tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Penjabat Kepala Daerah, pasal 132A ayat (1) poin d, yang isinya menyatakan penjabat kepala daerah dilarang membuat kebijakan yang bertentangan dengan kebijakan penyelenggaraan pemerintahan dan program pembangunan pejabat sebelumnya (kecuali mendapat izin tertulis dari Menteri Dalam Negeri).

Selain itu, anggota DPRD yang sudah ‘duduk’ dua periode ini menyebut,  sesuai hasil kunjungan lapangan Komisi II, masih banyak yang perlu dibenahi PD PHJ, seperti peningkatan sarana dan prasarana kebersihan, keamanan dan kenyamanan,  secara khusus di Pasar Dwikora dan Pasar Horas.

“Surat rekomendasinya sudah kita sampaikan kepada Ketua DPRD, Eliakim Simanjuntak, supaya segera ditindaklanjuti kepada Pemerintah Kota,” ujarnya mengakhiri. (EM)

Foto:

Kennedy Parapat, Anggota Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Pematangsiantar (fb-kennedy parapat)

  • Bagikan