Kota Siantar Kembali Raih Adipura dan Adiwiyata

  • Bagikan

Pematangsiantar, BatakToday

Setelah tahun 2013 lalu Kota Pematangsiantar meraih Anugerah Adipura yang diterima walikota saat itu, Hulman Sitorus SE di Istana Negara, era Presiden Soesilo Bambang Yudhoyono, hari Jumat (15/7/2016) ini giliran Presiden Joko Widodo akan menyerahkan Anugerah Adipura kepada Kota Pematangsiantar yang akan diterima Penjabat Walikota, Drs.Jumsadi Damanik, SH M.Hum di Kabupaten Siak, Provinsi Riau dalam acara peringatan Hari Lingkungan Hidup.

Dari Pematangsiantar, rombongan Pj Walikota yang akan menjemput langsung Adipura direncanakan berangkat pada hari Kamis pagi (21/7) dari Rumah Dinas Walikota Jl.MH. Sitorus dengan armada Bus Paradep. Rombongan diperkirakan akan tiba di Kabupaten Siak Jumat (22/7) dini hari. Rombongan yang dikoordinir Badan Lingkungan Hidup (BLH) juga mengikutsertakan seluruh Camat dan instansi terkait.

“Kita sengaja menyertakan seluruh Camat dan instansi terkait lainnya agar bisa melihat model pengelolaan kebersihan dan lingkungan hidup yang sangat bagus di Kabupaten Siak, sehingga mereka bisa meraih Adipura untuk beberapa kategori. Kalau yang bagus kan tidak salah kita contoh untuk diterapkan di Kota Pematangsiantar. Sehingga kedepannya kita bisa berinovasi dalam mengelola kebersihan dan penataan lingkungan,”ujar Pj Walikota melalui Plt.Kabag Humas Jalatua Hasugian, Rabu pagi (20/7).

Soal Adipura, sebenarnya bukan hal baru lagi bagi kota Pematangsiantar karena sebelumnya kota Pematangsiantar sudah beberapa kali menerima penghargaan serupa sejak program Adipura dicanangkan tahun 1986 lalu. Setelah tahun 2008 dan 2013 mendapatkan Anugerah Adipura, pada tahun 2015 lalu, Kota Pematangsiantar juga berhasil meraih Sertifikat Adipura dan pada tahun 2016 ini kembali berhasil meraih Anugerah Adipura.

Relis yang diterima dari Humas Pemko Siantar menyebutkan, pada tahun 2015, SMP Negeri 10 Pematangsiantar juga berhasil meraih anugerah Adiwiyata Mandiri. Penyerahannya dilakukan langsung oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara pada 5 Juni 2015 kepada Kepala SMP Negeri 10 Rosmayana Marpaung S.Pd. Untuk tahun 2016 ini, Pematangsiantar juga berhasil meraih anugerah Adiwiyata Mandiri yang kali ini akan diterima Kepala SMA Negeri 6, M.Akyar,MPd bersamaan dengan penyerahan Anugerah Adipura di Kabupaten Siak. Adiwiyata merupakan salah satu program Kementerian Lingkungan Hidup dalam rangka mendorong terciptanya pengetahuan dan keasadaran warga sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup.

Pj Walikota juga mengingatkan agar seluruh masyarakat Kota Pematangsiantar semakin menyadari dan memiliki rasa tanggungjawab penuh terhadap kebersihan, pengelolaan sampah maupun penataan lingkungan hidup. Karena bagaimana pun, pengelolaan kebersihan dan lingkungan tidak mungkin bisa berhasil tanpa keterlibatan masyarakat.

“Anugerah Adipura ini harus menjadi motivasi bagi kita semua untuk semakin terpacu dalam menjaga kebersihan dan menjaga kelestarian lingkungan hidup di sekitar kita masing-masing,” katanya. (rel/ajvg)

Foto:

Kawasan Balai Kota Pematangsiantar, Jalan Merdeka, Pematangsiantar, Sabtu 23/4/2016 (doc kedai kopi H)

,,,

  • Bagikan