Inagurasi Siswa Angkatan V dan Wisuda SMA Unggul DEL

  • Bagikan

Laguboti, Bataktoday

Acara inagurasi/pengukuhan Siswa Baru Angkatan V/2016 dan Wisuda Siswa Angkatan Il/2013 SMA Unggul DEL dilaksanakan pada hari Sabtu (23/7), bertempat di Aula SMA Unggul DEL, Desa Sitoluama, Kecamatan Laguboti, Toba Samosir.

140 siswa baru setelah menjalani Program Adaptasi Budaya Unggul (PRABU), 8-13 Juli 2016, dengan dihadiri orangtua masing-masing dikukuhkan sebagai Siswa Angkatan V Tahun 2016.

Sementara, Siswa Angkatan II, yang masuk tahun 2013, mengikuti Wisuda sekaligus acara pelepasan, juga didampingi para orangtua siswa.

Kepala Sekolah Drs Alfred Silalahi dalam laporannya menyebutkan, seluruh siswa yang Angkatan II, diterima sebagai mahasiswa di berbagai Perguruan Tinggi Negeri (PTN), Akmil dan Akpol, serta di berbagai perguruan tinggi yang ada diluar Indonesia.

Dilaporkannya lagi, 140 orang siswa baru adalah hasil seleksi dari 2.434 peserta yang berasal dari berbagai penjuru Nusantara. Mereka terdiri dari 75 laki-laki dan 65 perempuan, yang berasal dari daerah Bali, Kalimantan, Riau, Jakarta, Bogor, Depok, Bekasi, Tanggerang, dan beberapa kabupaten/kota di Sumatera Utara.

Ia menegaskan bahwa SMA Unggul DEL berkomitmen untuk membentuk para siswa agar menjadi generasi yang handal dan berkarakter. Ini merupakan visi misi SMA Unggul DEL  dalam menciptakan sumber daya manusia Indonesia yang cerdas dan mandiri serta berkarakter.

Turut hadir dalam acara ini, dua orang menteri dalam pemerintahan Jokowi, yaitu Menteri Koordinator Politik Hukum dan HAM, Jend. TNI (Purn) Luhut Panjaitan, yang sekaligus pembina Yayasan DEL, dan Menteri Pertanian Amran Sulaiman.

Undangan lainnya, Irjen Kementan Justan Riduan Siahaan, RE Nainggolan, Aster Kasad Brigjen TNI Komaruddin Simanjuntak dan para bupati sekeliling Danau Toba.

Menteri Pertanian Amran Sulaiman dalam kesempatan ini menyampaikan rasa salut akan buah karya pemikiran dari seorang Luhut Panjaitan.

“Kalau saja ada 100 orang seperti pak Luhut, saya yakin Indonesia akan jauh lebih maju dari yang kita bayangkan. Saya sangat kagum sekaligus tersentuh ketika hadir dan menyaksikan hal ini. Track record yang telah dipersembahkan sekolah ini betul-betul fantastis. Saya ingin sedikit berpesan kepada anak-anak didik, bahwa kunci keberhasilan ialah jujur dan pantang menyerah “ katanya.

Luhut Panjaitan selaku Ketua Pembina Yayasan SMA DEL dalam sambutannya juga berpesan bahwa hati dan fikiran yang cerdas menjadikan seseorang itu berkarakter. Sebab, hanya orang-orang cerdas dan bekarakter lah yang menggenggam kunci kemajuan negeri ini. Banyak orang cerdas namun tidak memiliki karakter sama dengan nol. Ini serupa dengan orang pintar belum tentu bijak, tetapi orang bijak sudah tentu pintar. Untuk itu, SMA Unggul DEL hadir guna menciptakan sumber daya manusia Indonesia yang mampu bersaing dengan negara-negara lain.

Usai acara Pengukuhan dan Wisuda siswa SMA Unggul DEL, dilanjutkan dengan penyerahan batuan berupa alat-alat/mesin pertanian (alsintan) kepada masyarakat di Desa Narumonda Kecamatan Porsea. (FT)

Foto:

Ketua Pembina yayasan SMA Unggul DEL, Luhut Binsar Panjaitan didampingi Istr, saat mengenakan Ulos Batak sebagai cenderamata kepada Menteri Pertanian Amran Sulaiman (baju batik, Aula SMA Unggul DEL, Desa Sitoluama, Laguboti, Toba Samosir, Sabtu 23/7/2016 (bataktoday/ft)

  • Bagikan