Gubernur Sumut Nyatakan Siap Jadi Tuan Rumah MTQN ke 27 Tahun 2018

  • Bagikan

Medan, BatakToday

Provinsi Sumatera Utara (Sumut) mendeklarasikan kesiapannya menjadi tuan rumah Musabaqah Tilawatil Quran tingkat Nasional (MTQN) ke 27 tahun 2018 mendatang. Seperti disampaikan Gubernur Sumut Tengku Erry dalam acara pelepasan keberangkatan Kafilah Sumut dari Asrama Haji Pangkalan Masyhur Medan, mengikuti MTQN ke 26 di Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB), Selasa (26/7/2016).

Dalam kesempatan itu, Tengku Erry Nuradi berpesan kepada qori, qoriah, pelatih dan official untuk tampil prima meraih prestasi dan mengharumkan nama Sumut di kancah nasional.

“Raih prestasi dan jaga nama baik Sumut. MTQN sebelumnya, kita hanya mampu menempati peringkat 9. Untuk kali ini, Sumut pantas berjuang untuk bisa ke perikat 4 atau 5. Jangan lupa menjaga kekompakan tim. Kebersamaan akan menimbulkan kekuatan dan semangat, harap Erry. Tidak lupa Erry berpesan agar Kafilah Sumut membangun citra positif. Diharapkan dapat menimbulkan kepercayaan untuk menjadi tuan rumah MTQN ke 27 tahun 2018 mendatang.

Sumut sendiri, sebut Erry, tidak pernah lagi menjadi tuan rumah peksanaan MTQN setelah 46 tahun lalu.

“Mari kita perjuangkan bersama. Insya Allah, kita siap menjadi tuan rumah untuk MTQN berikutnya. Dan ini akan menjadi momentum dan cikal lahirnya Islamic Centre di Sumut,” ujar Erry.

Erry juga mengatakan, tilawatil quran mampu menginspirasi umat Islam karena Al Quran merupakan wahyu Ilahi yang bisa diimplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

“Membaca Al Quran membawa berkah dunia dan berkah akhirat. Kalau masyarakat menjadikan Al Quran sebagai inspirasi, sumber motivasi, maka pasti lingkungan masyarakat akan menjadi berkah, dan keberkahan itu akan membawa perubahan yang baik di masyarakat,” sebut Erry.

Hadir dalam acara pelepasan, Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Sumut Drs H Tohar Bayoangin MAg, Ketua Harian LPTQ Sumut Prof DR H Mohd Hatta MA, para pejabat Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut lainnya.

Sementara Ketua Harian Lembaga Pelatihan Tilawatil Quran (LPTQ) Sumut Prof DR H Mohd Hatta MA meyatakan, jumlah Kafilah Sumut yang berangkat ke MTQN ke-26 di Mataram berjumlah 68 orang, 42 orang diantaranya peserta yang terdiri dari 21 pria dan 21 wanita. Pelaksanaa MTQN ke-26 Mataram akan dibuka Presiden Joko Widodo. Berlangsung mulai 30 Juli hingga 6 Agustus 2016 mendatang.

“Tahun ini Sumut mengikuti 7 cabang pada 42 golongan. Peserta merupakan para juara I MTQ tingkat Sumut pada masing-masing golongan kecuali ada beberapa yang juara II, karena Juara I pada golongan itu tidak bisa berangkat,” ujar Hatta. (AFR)

Foto:

Gubernur Sumatera Utara Tengku Erri Nuradi, saat melepas keberangkatan Kafilah Sumut untuk mengikuti MTQN ke 26 di Mataram, Asrama Haji Pangkalan Masyhur, Medan, Selasa 26/7/2016 (bataktoday/afr)

  • Bagikan