Elgina Sihombing: ”Media, Jembatan Mencapai Humbahas Hebat”

  • Bagikan

Humbahas, Bataktoday

Elgina Sihombing, anak rantau asal Humbang Hasundutan yang kini berdomisili di Jakarta, ingin menabur pokok-pokok pemikiran guna mewujudkan Humbang Hasundutan yang jauh lebih maju dan berkarakter ke depan.

Ia menilai potensi sumber daya alam yang dimiliki oleh 10 kecamatan cukup luar biasa dan memiliki daya tarik tersendiri untuk dikembangkan. Dengan keanekaragaman potensi sumberdaya alam yang dimiliki, Humbang Hasundutan dapat menjadi sebuah kabupaten yang memiliki karakter tersendiri di Indonesia.

Selain masyarakatnya sendiri, media sebagai corong informasi harus mengambil peran utama dalam pencapaian tersebut. Media adalah jembatan untuk mencapai Humbahas Hebat dan Berkarakter.

Hal ini disampaikan Elgina saat menggelar pertemuan dengan para awak media di Grand Maju Hotel, Jumat (29/7) pagi.

“Dalam pencapaian Humbang Hasundutan Hebat dalam konteks sesungguhnya, tanpa harus mengandalkan APBD, media bersama masyarakat juga mampu mewujudkan hal tersebut. Solidaritas media sangat dibutuhkan masyarakat dalam menggali dan mempromosikan apa-apa saja potensi SDA yang dimiliki masing-masing kecamatan di Kabupaten Humbang Hasundutan. Sebagai contoh, rotan di wilayah kecamatan Pakkat, Parlilitan, dan Tarabintang (Papatar), kemenyan di Kecamatan Pollung, dan kopi di kecamatan Lintong. Selain itu, lokasi wisata dan komoditi bawang di kecamatan Bakkara, dan banyak lagi,“ tukasnya.

Menurutnya, promosi yang dilakukan media dengan menggunakan teknologi yang semakin berkembang, dipastikan mampu memberi sinyal pada investor, untuk terlibat secara aktif dalam pengelolaan potensi Sumber Daya Alam yang dimiliki kabupaten Humbang Hasundutan. Dengan demikian, Humbang Hasundutan Hebat dan Berkarakter sebagaimana diharapkan dapat tercapai.

“Untuk itu, saya selaku anak rantau bersama teman-teman lainya yang tergabung dalam wadah Humbang Care (Peduli Humbang,-red.) berkeinginan menggalang rasa solidaritas anak rantau untuk memberikan perhatian guna memajukan Bona Pasogit (kampung halaman). Informasi serta promosi yang dilakukan media menjadi bahan referensi kita untuk menggaet investor,“ ujar Elgina, wanita kelahiran Dolok Sanggul, 22 April 1973 ini.

Elgina menyampaikan pesan bahwa untuk Humbang Hasundutan Hebat, diperlukan dukungan dan kerjasama semua pihak.

“Kita semua adalah tim Humbang Hasundutan Hebat. Baik media, guru, masyarakat biasa, para petani, dan semua pemangku kepentingan. Semua harus jadi satu, tim Humbang Hasundutan Hebat. Hal tersebut bukan pekerjaan pemerintah saja, tapi semua, termasuk para perantau,” demikian pesannya.

Pada kesempatan yang sama, Mora Tua Gaja selaku tokoh Papatar menegaskan, dirinya bersama para rekan penggagas lainnya mengharapkan peran media untuk benar-benar serius dan terlibat aktif dalam membantu mempromosikan aneka potensi sumber daya alam yang ada untuk diperkenalkan kepada publik.

Lebih lanjut ia menambahkan, ketertinggalan yang dirasakannya terhadap daerah Pakkat-Parlilitan-Tarabintang (Papatar) kiranya menjadi prioritas perhatian media. Hal itu dimaksudkan demi mengarahkan mata hati dan telinga para dermawan yang nota bene putra Humbang agar berkenan membangun dan memajukan Bona Pasogit-nya.

Dedi Efendy Simbolon, mewakili sejumlah awak media yang hadir mengatakan, media siap mendukung dan menyambut baik kepedulian tersebut.

“Pada dasarnya kami sangat mendukung, masalahnya selama ini tidak pernah ada upaya pendekatan emosional terhadap kami selaku media, dari pihak-pihak yang sepakat untuk Humbang yang lebih baik.  Namun demikian, kami atas nama media, bersedia bekerja sama dan memenuhi keinginan seperti yang disampaikan pak Mora Tua tadi. Dibarengi komitmen itu semua, kita juga mengharapkan kerja sama yang baik dari masyarakat. Kiranya masyarakat ikut serta berperan aktif dan memiliki kesadaran yang tinggi untuk pencapaian tujuan itu,“ sebut Dedi. (FT)

Foto:

Elgina Sihombing, salah satu penggagas Humbang Care (Peduli Humbang) (ist)

  • Bagikan