Mustapha Kamal Rokan: Sekularisasi Ekonomi Sangat Berbahaya

  • Bagikan

.

Tebing Tinggi, BatakToday –

Kesenjangan antara kaya dan miskin di Indonesia semakin mengkhawatirkan. Meski pertumbuhan ekonomi cukup bagus, tapi sumber daya modal saat ini hanya dimiliki segelintir orang saja. Kondisi tersebut dipicu dua hal, yaitu struktur  ekonomi yang tidak berpihak kepada kaum miskin, dan persoalan kultural ekonomi yang diidap umat Islam yakni sekularisasi yang memisahkan antara dunia dan akhirat.

Hal itu diungkapkan Mustapha Kamal Rokan, dosen Fakultas Syariah dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri (UIN) Sumatera Utara dalam orasi ilmiahnya pada acara pelantikan Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam  (KAHMI)  Kota Tebing Tinggi, Jumat (29/7/2016) di Gedung Hj Sawiyah Nasution.

Terlihat hadir Walikota Umar Zunaidi Hasibuan, Ketua KAHMI Sumut Asrul Kidam, fungsionaris berbagai Ormas Islam, tokoh agama dan tokoh masyarakat.

Mustapha mengatakan, struktur ekonomi dan sistem ekonomi di Indonesia tidak memihak kaum miskin tapi memihak segelintir orang pemilik sumber daya modal yang kuat. Contoh terdekat adalah merebaknya pasar modern yang  menggusur pasar tradisional.

Kondisi tersebut, menurut Mustapha, diperparah oleh persoalan kultural ekonomi yang diidap umat Islam, yakni pemikiran sekular yang memisahkan antara dunia dan akhirat atau antara masjid dan pasar. Pemikiran yang memisahkan agama dan dunia telah merasuk hingga menjadi budaya bangsa.

“Ini sangat berbahaya, sehingga harus dilakukan revitalitasi budaya sekularisasi di kalangan umat Islam, terutama elitnya. Kultur Islam itu adalah tauhid,” tegas Mustapha.

Sementara Walikota Tebing Tinggi Umar Zunaidi Hasibuan dalam sambutannya berharap agar KAHMI Kota Tebingtinggi mampu berperan dalam kehidupan sosial ekonomi umat Islam. KAHMI yang umumnya beranggotakan para sarjana harus tampil sebagai kelompok pencerahan bagi umat Islam sesuai kapasitas yang dimiliki.

Pengurus KAHMI Kota Tebingtinggi  periode 2016-2021 yang dilantik, diantaranya Ketua Dewan Pembina Umar Z Hasibuan, Ketua Dewan Pakar M Erwin Damanik, Ketua MPD KAHMI Muhammad Fadly, Sekretaris Zulfan Pandapotan Nasution, dan Bendahara Emil Syofyan.  (iss)

Foto: Pengurus Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam  (KAHMI) Kota Tebingtinggi  periode 2016-2021 yang dilantik pada Jumat (29/7/2016) di Gedung Hj Sawiyah Nasution Tebing Tinggi. (bataktoday/iss)

  • Bagikan